Genjot PAD, Bupati Blitar Luncurkan “Kang Jimbang” Di Pasar Wlingi, Apakah Itu?

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48830653678_a0cabc67e3_b.jpg
Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM mengecek timbangan pedagang di Pasar Tradisional Wlingi, Rabu (2/10/2019). (Foto: arahjatim.com/hms.mua)

Blitar, ArahJatim.com – Pemerintah Kabupaten Blitar terus berinovasi guna mempermudah masyarakat mengakses pelayanan. Salah satu inovasi yang baru-baru ini diluncurkan Pemkab Blitar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan adalah ‘Kang Jimbang’ (Tukang Uji Timbang).

Kang Jimbang merupakan maskot uji tera ulang Kabupaten Blitar. Peluncuran ‘Kang Jimbang’ dilakukan Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM di Pasar Tradisional Wlingi, Rabu (2/10/2019).

“Pemda lewat Disperindag melakukan penertiban timbangan. Sesuai aturan setiap tahun harus dicek masih normal atau ada selisih. Kalau untuk jualan tentunya kondisi timbangan harus normal. Untuk itu Pemda membuat terobosan yang diberi nama ‘Kang Jimbang’. Petugas akan datang untuk mengecek timbangan para pedagang di pasar-pasar,” ungkap Bupati Blitar Rijanto.

Pada kesempatan itu Bupati Rijanto berkesempatan berdialog langsung dengan para pedagang tradisional di Pasar Wlingi. Bupati juga memberikan imbauan kepada para pedagang, agar setiap tahun melakukan uji tera timbangan yang digunakan untuk berdagang.

“Kami mengimbau pedagang yang punya timbangan, setiap tahun harus diterakan,” imbuhnya.

Rijanto menambahkan, setelah melalui proses yang panjang, akhirnya tahun ini uji tera dan tera ulang mandiri di Kabupaten Blitar bisa dilakukan. Dengan adanya hal ini, dipastikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa ditingkatkan.

“Dulu wewenang provinsi, tahun ini sudah bisa dilimpahkan di kabupaten. Tentunya ini juga bisa menambah PAD Kabupaten Blitar,” pungkasnya. (adv.hms.mua)