JPS Untuk Warga Selama Pandemi Covid-19

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Penyaluran dana Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Provinsi Jawa Timur kembali dilaksanakan. Penyaluran kali ini merupakan tahap kedua bagi masyarakat Kabapaten Kediri. Sesuai rencana, bantuan ini akan disalurkan sampai tahap ketiga. Setiap penerima JPS mendapatkan dana bantuan sebesar Rp. 200.000,-. Untuk kriteria penerima adalah warga Kabupaten Kediri yang belum menerima bantuan apapun.

Hari Sabtu (29/8/20) warga Kecamatan Gampengrejo menerima dana batuan JPS. Penyalurannya dibagi di tiga tempat yaitu di kantor Kecamatan Gampengrejo, balai Desa Sambiresik dan balai Desa Plosorejo. Penyaluran JPS di kantor Kecamatan Gampengrejo adalah untuk penerima dari Desa Ngebrak, Wanengpaten, Jongbiru dan Desa Putih. Sedangkan di balai Desa Sambiresik adalah untuk warga desa Sambiresik, Sambirejo, Gampeng dan Turus. Sementara itu penyaluran JPS di balai Desa Plosorejo adalah untuk warga Desa Plosorejo, Kepuhrejo dan Kalibelo.

Kepala Seksi PMD Kecamatan Gampengrejo Ali Mubtadiin menjelaskan, jumlah penerima di Kecamatan Gampengrejo sebanyak 1.901 orang. Agar tidak berjubel dan tetap menerapkan protokol kesehatan, penyaluran dana JPS ini terbagi dalam beberapa sesi.

“Kebetulan saya ditugaskan untuk mengawasi penyaluran JPS di balai Desa Sambiresik. Di tempat ini mulai pagi kegiatan sudah berjalan, dimulai desa Sambiresik jam 08.00 WIB – 08.30 WIB, disusul warga desa Sambirejo, Gampeng dan Turus sampai 10.00 WIB,” ujarnya.

Ia menambahkan, bantuan ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi covid 19.

“Memang segala sektor terdampak akibat adanya pandemi ini, pendapatan masyarakat pun berkurang. Maka pemerintah memberikan stimulus dengan bantuan ini,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Dedi Purwanto (63) dari Desa Turus merasa sangat senang dengan bantuan ini.

“Alhamdulillah sudah 2 kali ini saya mendapatkannya. Rencananya akan saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah maupun propinsi, dengan bantuan ini akan dapat meringankan beban kami selama pandemi covid-19,” kata Dedi. (Kominfo)