Jelang 3 Tahun Pimpin Lumajang, Cak Thoriq Kembali Raih Penghargaan Nirwasita Tantra

oleh -

Lumajang, ArahJatim.com – Terhitung Agustus mendatang, genap tiga tahun sudah Toriqul Haq pimpin Pemerintah Kabupaten Lumajang, Bupati Thoriqul Haq kembali raih penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra atau pemimpin yang berpihak pada pelestarian lingkungan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penghargaan kali kedua ini diterima langsung melalui media daring menggunakan aplikasi zoom meeting di ruangan Mahameru Pemkab Lumajang, Selasa (15/06/2021).

“Alhamdulillah, kami kembali dianugerahi penghargaan oleh bu menteri KLHK, Ibu Siti Nurbaya melalui daring,” ungkap Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya, dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan atau program kerja yang sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Sedikitnya telah lebih dari lima kebijakan yang dibuat dan dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Lumajang yang memuat pelestarian lingkungan, mulai dari surat keputusan soal Kampung Proklim, Eko Pesantren, pengurangan penggunaan plastik sekali pakai hingga perlindungan pohon Asem dan Kenari di wilayah Lumajang.

“Yang terakhir ini, saya menandatangani Surat Keputusan Nomor 188.55/427.12/2021 tentang Penghentian Sementara Pemberian Izin Pemotongan Pohon Asem dan Pohon Kenari di Ruang Terbuka Hijau Publik,” tambahnya.

Bahkan, ia juga berjanji akan terus berkomitmen dalam pelestarian lingkungan dan hutan di wilayah Lumajang, termasuk kawasan hutan yang selama ini kerap terjadi konflik antar warga maupun dengan pengelola hutan. (Rokhmad)

No More Posts Available.

No more pages to load.