Gerbong Kereta Kesehatan dan Perpustakaan Gratis

oleh -
Para siswa belajar di perpustakaan gerbong kereta di Stasiun Randuagung, Lumajang, pada Rabu (03/10/2018). (Foto: ArahJatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com – Ada pelayanan berbeda di gerbong kereta, di Lumajang. PT KAI DAOP IX Jember, memberikan pelayanan khusus satu gerbong untuk melayani penumpang dan warga sekitar rel, yakni pelayanan kesehatan gratis dan perpustakaan gratis. Seperti tampak pada Rabu (03/10/2018), di Stasiun Randuagung, Lumajang.

Ratusan pelajar se-Kecamatan Randuagung, Lumajang langsung memasuki sebuah gerbong di stasiun setempat. Gerbong ini sengaja didatangkan oleh PT. KAI DAOP IX bertujuan untuk memberikan pelayanan pada masyarakat disekitar perlintasan.

Salah satu pelayanan yang diberikan adalah perpustakaan keliling, atau rail library. Layanan baru perpustakaan ini, mendapat respon positif dari para pelajar. Selain bisa membaca buku, pelajar juga mendapatkan pengetahuan kesehatan dari dokter.

“Senang bisa baca buku, baca buku sejarah Indonesia, biasanya di perpustakaan sekolah. ya senang. saya sudah baca 2 buku,” kata Maulana, pelajar yang berkunjung.

Kereta api terdiri dari empat gerbong ini juga memberikan pelayanan kesehatan gratis. Masing–masing gerbong memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda. Ruang pemeriksaan gigi, ruang pemeriksaan mata, ruang ibu dan anak, hingga toko obat.

“Kita mengundang sekitar 300 masyarakat disekitar stasiun Randuagung dengan pengobatan gratis mulai dari pengobatan poli umum, poli gigi, poli mata, dan pemeriksaan kandungan, bahkan nanti juga akan kita berikan obat gratis”, kata Lukman Arif, Manajer Humas PT. KAI DAOP IX.

Diharapkan, dengan kegiatan ini masyarakat semakin peduli dan mencintai sehingga dapat bersama-sama menjaga dan memelihara aset kereta api. (rokhmad)