FRPB Pamekasan Segera Miliki Mobil Damkar Baru

oleh -

Pamekasan, ArahJatim.com – FRPB Pamekasan kembali lakukan inovasi dalam upaya membantu warga Pamekasan, meskipun berstatus hak pakai, salah satu mobil mini bus pemberian dari Pemkab Pamekasan disulap menjadi mobil Damkar atau tangki mini untuk menjangkau daerah yang berakses jalan kecil yang tidak bisa dilalui mobil besar.

Mobil Damkar mini FRPB Pamekasan diuji coba di lapangan Bakorwil 4 Pamekasan (Posko FRPB) Jl. Slamet Riadi no.1 Barurambat Kabupaten Pamekasan pada Sabtu (12/09/2020).

Koordinator FRPB Pamekasn, Budi Cahyono menjelaskan bahwa kegunaan mobil tersebut untuk menjangkau akses pelosok yang tidak memungkinkan dilalui kendaraan besar.

“Mobil ini kita modif sebagai Damkar mini atau tangki mini (mobil air serba guna) agar dapat menjangkau gang kecil atau jalan pedesaan untuk selalu bisa membantu masyarakat Pamekasan guna mendukung program bupati dalam membantu masyarakat yang lagi tertimpa becana kebakaran atau kekeringan, ujarnya.

Dalam waktu dekat mobil dengan kapasitas air 600 liter itu dapat dikatakan layak pakai, meskipun untuk saat ini masih dalam tahap uji coba.

“Mobil ini kita modif dengan memasukkan tandon air berkapasitas 600 liter dan mesin pompa tanpa merubah wujud aslinya. Semua peralatannya sudah 95% lengkap, meskipun sekarang masih tahap uji coba, namun hasilnya diluar dugaan dan hampir mendekati sempurna, namun akan kita upayakan menjadi sempurna dalam minggu ini,” imbuhnya.

“Syukur alhamdulillah terobosan dan inovasi ini berkat peran aktif dan dukungan serta dari hasil patungan semua anggota yang tergabung dalam organisasi relawan FRPB Pamekasan. Mobil ini akan kita pakai untuk mendukung segala kegiatan pemkab dalam menanggulangi bencana karena bencana adalah masalah kita bersama,” pungkasnya. (Ndra).