Pengelola Wisata Antusias Ikuti Workshop Ecobrick Party

oleh -

Lumajang, ArahJatim.comPuluhan anggota Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang terlihat antusias saat mengikuti Workshop Ecobrick Party yang digelar oleh Komunitas GenBI (Generasi Baru Indonesia) Jember di Auditorium Kantor Pokdarwis setempat, Sabtu (12/09/2020).

 “Alhamdulillah bersyukur sekali mas, karena sebelumnya pemanfaatan sampah plastik di sini hanya kita lakukan seadanya, tapi oleh temen-teman Genbi ini bisa didampingi untuk membuat aneka macam kerajinan yang bernilai ekonomis dan bermanfaat,” ungkap Abdul Karim, Ketua Pokdarwis Tumpak Sewu saat dikonfirmasi ArahJatim.com.

Ecobrick sebenarnya kerajinan yang terbuat dari sampah plastik yang dianyam sedemikian rupa menjadi kerajinan bernilai ekonomis, seperti pembuatan berbagai pot bunga hingga forniture seperti meja kursi dan lemari.

Sementara itu, Ketua GenBI jember mengaku sengaja memilih lokasi destinasi wisata Tumpak Sewu ini sebagai lokasi Workshop Ecobrick Party karena potensi sampah plastik dari pengunjung wisata sangat besar.

“Tumpak Sewu ini kan salah satu lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri mas, otomatis potensi sampah plastiknya juga sangat besar,” Jelas Ilham Maulana.

Lebih lanjut, pria yang tengah menempuh pendidikan di IAIN Jember ini juga menjelaskan jika kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dalam komunitas yang dipimpinnya. Bahkan, ia juga mengaku telah melakukan pelatihan yang sama di beberapa kota di Jawa Timur.

“Ini merupakan program kerja kami mas, alhamdulillah selain disini beberapa kota di Jatim juga telah kami lakukan kegiatan yang sama,” pungkasnya.

Workshop Ecobrick Party ini merupakan upaya mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia untuk membantu mengurangi bahaya dari sampah plastik. (rokh/fm)