” Dugaan KEMENAG Tulungagung Ada Pungli ” : SOMASI Dilakukan Demi Transparansi

oleh -
oleh

Tulungagung, ArahJatim.com – Adanya kasak-kusuk pungli dilingkup Kemenag Tulungagung, akhirnya ditangkap komponen masyarakat dalam bentuk yang riil. Hal itu disampikan secara terbuka oleh Bintara Center melalui Raden Ali Shodik, Ketua Bintara Center, Kamis, 30/11/2023 kepada media, termasuk Media ArahJatim.com.

Temuan yang cukup mencolok, yang bisa di inventarisir Bintara Center, antara lain dugaan pungutan liar, diantaranya, adanya penahanan ijazah yang dilakukan sekolah di bawah naungan Kemenag Tulungagung. Masalah tersebut bermula aduan beberapa wali santri disebuah lembaga pendidikan yang datang ke Bintara Center. Dalam pengakuanya, wali santri dimintai sejumlah jariyah selama para santri belajar di lembaga itu. Karena ada masalah ekonomi, dan pada waktu lulus belum bisa membayar, ijasah anaknya ditahan lembaga itu. Rata- rata peranak, nominalnya sekitar Rp 6 juta.

“Kita sangat menyayangkan perihal tersebut. Kepala Kemenag Tulungagung telah gagal menjalankan fungsinya serta sengaja membiarkan dugaan pungutan liar di lingkungan lembaga yang dipimpinnya, ” ungkap Raden Ali Shodik, Ketua Bintara Center, dalam rilis resminya.

arahjatim new community
arahjatim new community

Hal itu menurut ketua Bintara Center, ini adalah somasi yang ketiga kalinya, semenjak pihaknya mendapatkan aduan hal itu. Pihaknya akan lakukan somasi , secara terus menerus , sampai ada transparansi yang dilakukan kepala Kemenag Tulungagung.

Ditambah Raden Ali Sodiq, kalau somasi ini tidak ditanggapi serius, oleh kepala Kemenag, maka pihaknya akan melakukan pelaporan kepada APH. Dengan data yang sudah cukup kuat, Bintara Center, akan melakukan itu.

Seperti diketahui, dalam beberapa rilisnya, slogan anti pungli di kantor pemerintahan termasuk kantor Kementerian Agama,selalu di publikasikan , namun menurut Bintara Center, ternyata hanya tulisan saja. Dalam temuan lembaga Bintara Center, terjadi tindakan dugaan pungli (pungutan liar) di lingkup Kementerian Agama Tulungagung. Sampai informasi ini disampikan, pihak Kemenag, ( Kankemenag )Tulungagung, Moh. Nasim belum bisa dikonfirmasi. (don1)

No More Posts Available.

No more pages to load.