DKPP Lakukan Monitoring dan Pemeriksaan Daging Kurban

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri terus melakukan monitoring dalam proses penyembelihan binatang kurban. Di hari kedua Idul Adha,pemantauan dan pemeriksaan binatang dan daging kurban dilakukan di Masjid An-Nur Pare, (1/8/20).

Sebelumnya DKPP telah melakukan sosialisasi tata cara penyembelihan hewan kurban pada masa pandemi ini,salah satunya kewajiban pemakaian masker dan alat pelindung saat memotong hewan kurban hingga penyaluran kepada mustahik.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediridrh.Tutik Purwaningsih mengatakan,dari hasil monitoring menjelang perayaanIdulAdha,di hari pertamatercatat 189 ekor sapi dan 1020 ekor kambing kurban diKabupatenKediri. Sementara untuk pelaksanaan penyembelihannya akan berlangsung hingga Senin.

“Di tengah pandemi saat ini memang kami sampaikan agar penyembelihan hewan kurban dilakukan selama tiga hari tasyrik. Hal ini dalam rangka meminimalkan kerumunan dan berkumpulnya banyak orang, serta memaksimalkan penerapan protokol kesehatan. Sehingga jika pelaksanaan kurban yang biasanya dilaksanakan 1 hari, dapat dibagi menjadi 3 hari,” terang drh. Tutik.

Untuk diketahui,pembinaan dan pengawasan pemotongan hewan kurban meliputi sosialisasi tata cara pemotongan hewan kurban sesuai kaidah. Sehingga dihasilkan karkas atau daging kurban yang aman,sehat,utuh dan halal. Dari hasil pemeriksaan selama dua hari ini,secara keseluruhan kondisi hewan kurban,mulai penanganan pra dan paska penyembelihan sudah lebih baik dari tahun sebelumnya. Sementara untuk hewan kurban dan daging kurban secara umum dalam kondisi sehat. (Kominfo)