Cegah Penyebaran Covid-19, Dandim 0825 Banyuwangi Cek Pos Screening Pencatatan Kedatangan Warga

oleh -
Kodim 0825 mengecek kedatangan warga untuk menekan laju pertumbuhan Covid-19 di Banyuwangi

Banyuwangi, Arahjatim.com – Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0825 Banyuwangi, Letnan Kolonel Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P melaksanakan kegiatan pengecekan Pos Screening Pencatatan Kedatangan warga di wilayah perbatasan Bondowoso- Banyuwangi di Pos Screening Kecamatan Licin, Selasa (26/5/2020).

Dalam kegiatan tersebut Dandim didampingi Kasdim Mayor Inf Herawady Karnawan, Pasiops Kapten Inf Sabar Wiyono, Danpos Licin Peltu Agus Sugiarto, serta anggota pos jaga yang terdiri dari gabungan TNI-POLRI, Satpol PP, PMI, Puskesmas Gladak, Staf Kecamatan dan Dishub.

Dandim mengatakan, kegiatan pengecekan yang dilakukan petugas di pos screening sangat akurat dan efisien seperti pengecekan pos pencatat identitas, pengecekan bilik disinfektan untuk kendaraan dan orang yang masuk di wilayah Banyuwangi, serta penertiban warga yang tidak memakai masker, juga penyerahan snack kepada pengendara.

“Tujuan melaksanakan peninjauan pos screening adalah sebagai salah satu eye kontrol selain check point-check point. Khususnya di wilayah Licin untuk mengetahui apakah ada naik turunnya warga ataupun masyarakat yang masuk ke Banyuwangi, sekaligus sebagai tolak ukur kita, sebagai petugas,” kata Letkol Inf Eko Yuli Purwanto.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0825 juga mengucapkan rasa terima kasih kepada para petugas di lapangan, baik pemerintah daerah setempat, TNI-POLRI, Satpol PP, PMI, Dishub, pegawai Kecamatan yang selalu kompak dan semangat dalam melaksanakan tugas.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh petugas yang terlibat. Kami berharap agar semua petugas tetap melaksanakan tugasnya dengan tulus, ikhlas dan maksimal. Terutama untuk keselamatan dan keamanan warga yang masuk di Banyuwangi,” tambah Dandim.

Dandim melanjutkan, pelaksanaan kegiatan yang dilakukan merupakan salah satu tujuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi dalam rangka memutuskan rantai penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Sebab ini merupakan point khusus yang dimiliki setiap titik-titik masuk kendaraan maupun orang dari pintu masuk baik di pos Wongsorejo, Kalibaru dan Licin harus benar-benar dilaksanakan pengecekan sebaik-baiknya.

Bahkan sebelum masuk ke Banyuwangi wajib dilakukan penyemprotan disinfektan, dan didata identitas diri maupun tujuannya, serta dilalukan rapid tes. Jika ada indikasi reaktif, harus diisolasi di tempat yang sudah disiapkan oleh Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi. Atau melalukan isolasi mandiri dengan pengawasan ketat oleh petugas.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Banyuwangi agar tidak panik, tetapi tetap waspada dan mentaati peraturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah pusat,” pungkas Dandim. (ful)