Bupati Bangkalan Akhirnya Lantik Sekda Definitif

oleh -

Bangkalan, ArahJatim.com – Meskipun pelantikan terbilang lamban dari hasil seleksi yang diumumkan sejak Maret lalu. Akhirnya, Bupati Bangkalan melantik Ir Moh Taufan Zairiansyah sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangkalan terpilih, Selasa (9/6/2020).

Sebelumnya, lelang jabatan yang dilakukan Panitia Seleksi Calon Sekretaris Daerah itu telah menetapkan tiga nama yang disetorkan kepada Bupati untuk menetapkan Sekda Definitif. Tiga nama tersebut yakni Ismed Efendi (Kepala Bapenda), Ir Moh Taufan Zariansyah, (Kepala PUPR) dan Puguh Santoso (Kepala Dispertaholbun).

Pelantikan yang dilaksanakan di Pendopo Agung Bangkalan tersebut merupakan suatu proses untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama Sekda Kabupaten Bangkalan yang diawali dengan seleksi terbuka yang dilaksanakan oleh panitia seleksi.

Tak hanya itu, Sekda definitif yang baru dilantik sudah mendapatkan persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta rekomendasi dari Gubernur Jawa Timur (Jatim) dan telah melalui proses pembahasan dalam rapat Baperjakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron mengingatkan kembali bahwa Sekda merupakan jabatan penting dalam membantu tugas-tugas keseharian Bupati dan Wakil Bupati dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Hendaknya jabatan ini bisa dijaga dan diimbangi dengan kejujuran, keikhlasan serta tanggung jawab moral yang tinggi juga komitmen pertama dalam memberikan pelayanan terbaik,” ucap Ra Latif dalam sambutannya.

Untuk itu, Ra Latif sangat berharap semoga dengan dilantiknya Sekda dapat memberikan motivasi untuk senantiasa berkiprah dan menyukseskan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati.

“Seorang Sekda hendaknya menjadi aparatur yang penuh dengan gagasan, dedikasi kreatif dan penuh inovasi serta dapat bekerja sama dengan pimpinan perangkat daerah dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan wakil Bupati,” harapnya.

Ra Latif juga berpesan agar Sekda yang baru segera membangun kerja sama dan sinergi dengan berbagai unit kerja terkait dalam pemerintah Kabupaten Bangkalan.

“Melaksanakan fungsi-fungsi agar menaati peraturan yang berlaku serta menunjukkan perilaku sebagai seorang pimpinan yang beretika dan berakhlakul karimah,” tutup Ra Latif. (fat/rd)