BREAKING NEWS.. MUI Terbitkan Fatwa Tentang Panduan Salat Idul Fitri

oleh -

Jakarta, ArahJatim.com – Sampai saat ini wabah Covid-19 masih menjadi pandemi global yang belum sepenuhnya diangkat oleh Allah SWT. Atas dasar itu muncul pertanyaan dari masyarakat tentang tata cara salat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19.

Menjawab pertanyaan tersebut, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya mengeluarkan fatwa tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19.

Fatwa bernomor 28 Tahun 2020 itu dihasilkan dari rapat yang dilakukan secara daring (online), yang diikuti 41 anggota dan pimpinan Komisi Fatwa. Pembahasan fatwa ini telah dimulai sejak Rabu, 6 Mei 2020.

Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi Fatwa MUI, Prof. DR. H. Hasanuddin AF dan dan Sekretaris DR. HM. Asrorun Ni’am Sholeh, MA.

Dalam fatwa itu dinyatakan bahwa salat Idul Fitri dapat dilaksanakan secara berjemaah di tanah lapang, masjid, musala dan tempat lainnya, jika umat Islam berada di kawasan Covid-19 yang sudah terkendali pada saat 1 Syawal 1441 H.

Namun, jika umat Islam berada di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali, maka salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah, secara berjemaah atau secara sendiri-sendiri.

Berikut ini fatwa MUI selengkapnya:

 

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA NOMOR 28 Tahun 2020 TENTANG PANDUAN KAIFIAT TAKBIR DAN SHALAT IDUL FITRI SAAT PANDEMI COVID-19

 

KETENTUAN DAN PANDUAN HUKUM

I. Ketentuan Hukum

  1. Shalat Idul Fitri hukumnya sunnah muakkadah yang menjadi salah satu syi’ar keagamaan (syi’ar min sya’air al-Islam).
  2. Shalat idul fitri disunnahkan bagi setiap muslim, baik laki laki maupun perempuan, merdeka maupun hamba sahaya, dewasa maupun anak-anak, sedang di kediaman maupun sedang bepergian (musafir), secara berjamaah maupun secara sendiri.
  3. Shalat Idul fitri sangat disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjama’ah di tanah lapang, masjid, mushalla dan tempat lainnya.
  4. Shalat Idul Fitri berjamaah boleh dilaksanakan di rumah.
  5. Pada malam idul fitri, umat Islam disunnahkan untuk menghidupkan malam idul fitri dengan takbir, tahmid, tasbih, serta aktifitas ibadah.