Bina Atlit Panahan Sejak Dini, PERPANI Bangkalan Satu-Satunya di Madura

oleh -

Bangkalan, Arahjatim.com – Bina atlit panahan mulai dari usia dini Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) Kabupaten Bangkalan menjadi satu-satunya sekolah panahan di Pulau Madura.

Sedikitnya 20 peserta didik calon atlit panahan yang dibina Lilis Handayani Srikandi Archery School (LHSAS), sekolah panahan yang diresmikan pada bulan Maret 2020 yang lalu di Bangkalan.

Hal itu dikatakan ketua PERPANI Bangkalan, Sonny Sutanto bahwa mulanya dia berfikir karena adanya anak berprestasi di bidang panahan kenapa tidak diadakan sekolah yang membina khusus bidang panahan.

Sebelumnya ada dua anak yang berprestasi di Cabor Panahan. Syarfira SMP Kelas VIII sebagai juara 4 serta Sandi juara 1 di tingkat provinsi pada waktu duduk di kelas III bangku sekolah dasar.

“Jadi anak ini berprestasi, kenapa tidak anak-anak Bangkalan bisa seperti ini juga. Pemikiran saya, mari kita buka sekolah yang membina panahan yang belum pernah ada di Bangkalan ataupun di Madura,” katanya.

Dirinya mengaku selama ini pembiayaan masih menggunakan dana pribadi dan dari wali muridnya. Sementara dari KONI Bangkalan, sebab baru ada bantuan sekedarnya karena baru masuk di SK Cabor KONI dan belum dianggarkan untuk tahun ini.

“Kami harap ke dapan fasilitas dan kebutuhan dalam pembinaan atlit panahan dapat terpenuhi. Atlit kita juga banyak dari keluarga yang tidak mampu, jadi itu perlu juga diperhatikan oleh pemerintah,” imbuh Sonny.

Sementara itu Pembina PERPANI Bangkalan, Jimhur Saros saat hadir di tengah-tengah latihan atlit panahan di Stadion Krapan Sapi R.P Moh Noer Bangkalan, Selasa (25/8/2020). Dirinya memberikan nasihat dan semangat kepada peserta didik panahan.

“Seorang atlit tidak perlu mempunyai bakat, akan tetapi ketekunan dalam berlatih yang akan membawanya menjadi prestasi,” ujarnya sembari menyemangati peserta didik yang sedang latihan.

Tak hanya itu, Abah Jimhur sapaan akrabnya memberikan stimulus pada peserta didik untuk lebih fokus dalam berlatih. Sebab dengan berlatih sungguh-sungguh apapun pasti bisa kita raih.

“Kita harus belajar fokus karena dengan fokus kita bisa menembak apapun. Jika kalian berlatih betul-betul apapun pasti bisa diraih. Tidak perlu memikirkan yang lain tugas kalian fokus berlatih saja. Masalah urusan duniawi biar kita yang tua yang memikirkan,” ucapnya sembari tersenyum.

Dalam kesempatan itu, hadir juga Dandim 0829, Kapolres Bangkalan, Kertua DPRD Bangkalan serta Kepala Dinas Budaya Dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan. Mereka juga menjajal keahliannya dalam bidang memanah.

Dandim 0829 Bangkalan, Letkol Kavaleri Ari Setyawan Wibowo berharap terhadap bibit-bibit muda atlit panahan untuk bisa mewakili nama Bangkalan menuju prestasi yang kebih baik.

“Kami harap dari bibit-bibit muda yang diciptakan di Bangkalan inilah untuk bisa mewakili Bangkalan menuju prestasi yang lebih baik. Dari tingkat nasional maupun internasional. Koni khusunya semoga tidak hanya satu cabor saja, tapi menyeluruh diharapkan pembenahan anggaran untuk bisa memfasilitasi untuk para generasi muda ini,” harapnya. (fat/rd)