Berikan Ruang Aktivitas dan Kenyamanan, Rumah Zakat Bangun Taman Lansia di Desa Plakpak

oleh -
Acara peresmian Taman Lansia Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com – Guna memberikan ruang untuk beraktivitas dan kenyamanan kepada semua lapisan masyarakat khususnya warga lansia (lanjut usia), Yayasan Rumah Zakat membangun Taman Lansia di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan.

Dengan konsep ramah lansia, ruang terbuka ini disuguhkan untuk berbagai aktivitas warga lanjut usia.

Kepala Puskesmas Bulangan Haji, Hj. Nur Rahma meresmikan Taman Lansia tersebut didampingi oleh Kepala Desa Plakpak, dan disaksikan oleh Relawan Rumah Zakat, para lansia, tokoh masyarakat, dan ibu-ibu PKK, Senin (12/4/2021).

Muslih Wahid, Relawan Desa Berdaya dari Rumah Zakat yang juga tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Pamekasan menyampaikan, selain acara peresmian, dirinya mewakili Rumah Zakat menyerahkan sepenuhnya Taman Lansia untuk dimanfaatkan sebagai sarana kegiatan kesehatan di Desa Plakpak.

“Alhamdulillah, telah banyak program yang dicetuskan dan membuahkan hasil selama berada di Desa Plakpak. Semua keberhasilan ini atas peran aktif semua pihak,” ungkapnya.

Sementara itu, Ahmad Fauzan selaku pelaksana pemerintah desa menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Yayasan Rumah Zakat atas kepeduliannya terhadap lingkungan dan masyarakat setempat.

“Semua ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Saya turut bangga dan merasakan manfaat program yang telah dijalankan Rumah Zakat di desa kami. Sejak tahun 2016 sampai sekarang Rumah Zakat sangat berkontribusi untuk kemajuan desa kami. Selama ini kami selalu terbantu dengan adanya program dari Rumah Zakat, khususnya di bidang kesehatan. Karenanya atas nama Pemerintah Desa, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Rumah Zakat,” ungkapnya.

Senada dengan Ahmad Fauzan, Hj. Nur Rahma selaku Kepala Puskesmas Induk Desa Plakpak mengatakan sangat mengapresiasi program-program yang telah dijalankan Rumah Zakat. Bahkan ditambah dengan dibangunnya Taman Lansia di desa setempat, menambah lengkap dukungan Rumah Zakat terhadap kemajuan desa.

“Semoga kerja sama ini terus terjalin untuk kemajuan. Demi membantu kesejahteraan desa kami menjadi semakin tertata ke depannya,” imbuhnya.

Selanjutnya, program Desa Tangguh Bencana Mandiri akan diinisiasi untuk dibentuk di Desa Plakpak. Program ini akan dilaksanakan bekerja sama dengan Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan dan berbagai elemen relawan lainnya. (ndra)