Baru Satu Bulan Direnovasi, Bangunan SD Ini Ambruk, Kenapa?

oleh -
Sekolah Dasar Negeri Empat (SDN 4), Desa Klakah, Kecamatan Klakah, Lumajang rusak setelah diguyur hujan 12 jam lebih, Jumat (7/12/2018). (Foto: arahjatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com – Memasuki musim penghujan, curah hujan makin tinggi, hingga menyebabkan atap bangunan sekolah dasar (SD) yang baru satu bulan direhabilitasi, ambruk. Beruntung tidak ada korban jiwa, sebab atap ambruk terjadi pada Kamis dini hari (6/12/2018).

Kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri Empat (SDN 4), Desa Klakah, Kecamatan Klakah, Lumajang rusak. Dua lokal bangunan, yakni kelas dua dan kelas tiga ambruk. Atap bangunan padahal baru satu bulan selesai diperbaiki.

Kejadian itu bermula saat kawasan tersebut diguyur hujan lebat selama dua belas jam lebih. Rangka atap yang terbuat dari besi galvalum tak kuat menahan beban dan ambruk.

“Kejadiannya malam hari sekitar jam 1 dini hari, hujan lebat mulai siang sekitar jam 2. Saya sendiri kan jaraknya sekitar 50 kilometer, saya mendengar kabar pagi hari,” ,” kata Buasan Arifin, Kepala Sekolah.

Baca juga:

“Sementara kelas yang belum roboh barangnya akan kami keluarkan, soalnya dari CV sendiri mau melakukan perbaikan, bangunan rehabnya baru saja, belum ada 1 bulan,” tambahnya.

Seluruh fasilitas belajar mengajar di dua ruang kelas itu rusak parah tertimpa material bangunan dan atap. Dua ruang kelas lain yang belum roboh juga tak digunakan karena khawatir terajadi insiden yang sama.

Kini, siswa kelas satu, dua dan tiga menempati ruang kelas lain dengan belajar di lantai. Pihak sekolah berharap pihak rekanan segera melakukan perbaikan. (rokhmad)