Banyaknya Pesaing Untuk Masuk Ke Universitas Jember

oleh -
Universitas Jember (Foto: bem.farmasi.unej.ac.id)

Jember, ArahJatim.com – 34 provinsi di Indonesia telah mengirimkan calon mahasiswanya ke Kampus Tegalboto melalui jalur SNMPTN 2019. Tercatat ada 2.553 sekolah dari ujung barat Indonesia, di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam hingga wilayah timur, di Provinsi Papua Barat yang mengirimkan dutanya guna bersaing di SNMPTN 2019 di Universitas Jember.

Menurut Agung Purwanto, dari tahun ke tahun jumlah calon mahasiswa yang berasal dari luar Provinsi Jawa Timur makin bertambah seiring dengan makin dikenalnya kiprah dan prestasi Universitas Jember di nusantara.

Dengan makin banyaknya sekolah dari segenap penjuru Indonesia yang memilih Universitas Jember, maka persaingan makin kompetitif sehingga diharapkan calon mahasiswa yang masuk ke Kampus Tegalboto adalah benar-benar bibit unggul.

Baca juga :

Memang asal sekolah di Provinsi Jawa Timur masih mendominasi dengan 1.224 sekolah, disusul Provinsi Jawa Barat dengan 235 sekolah, Provinsi Jawa Tengah dengan 191 sekolah, Provinsi Sumatera Utara dengan 152 sekolah, dan di posisi lima adalah Provinsi DKI Jakarta dengan 113.

Selanjutnya, Agung Purwanto mengingatkan siswa peserta SNMPTN 2019 agar konsekuen dengan pilihannya, dan wajib daftar ulang jika nanti diterima di PTN.

“Mulai tahun ini, siswa yang sudah diterima di PTN melalui jalur SNMPTN, maka otomatis yang bersangkutan tidak bisa mendaftarkan diri mengikuti jalur SBMPTN. Oleh karena itu kesempatan diterima melalui jalur SNMPTN harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata dosen Program Studi Hubungan Internasional FISIP ini. (yola/ist)