Apkasi Ajak Daerah Saling Kolaborasi Naik Kelas di Kancah Nasional – Global

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49590987551_27422abfee_b.jpg
Apkasi menggelar sosialisasi Apkasi Otonomi Expo 2020 (AOE2020) di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Kamis (27 Februari 2020). Sekjen Apkasi, Najmul Akhyar mengajak pemerintah kabupaten memanfaatkan kegiatan AOE2020 ini dengan sebaik-baiknya. (Foto: arahjatim.com/apkasi.erkoes)

Yogyakarta, ArahJatim.com – Untuk mengajak lebih banyak daerah naik kelas di level nasional bahkan global di bidang trade, tourism and investment, Apkasi menggelar kegiatan sosialisasi Apkasi Otonomi Expo 2020 (AOE2020) di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Kamis (27 Februari 2020). Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh ratusan perwakilan dari pemerintahan kabupaten dari berbagai daerah di tanah air.

Sekretaris Jenderal Apkasi, Najmul Akhyar dalam sambutannya mengajak kepada pemerintah kabupaten untuk memanfaatkan kegiatan AOE2020 ini dengan sebaik-baiknya.

“Secara organisasi Apkasi ini membawa semangat untuk maju bersama dan tujuan diadakannya kegiatan expo ini salah satunya agar produk komoditi, potensi investasi dan pariwisata unggulan yang ada di daerah bisa dipublikasikan di panggung berskala nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Najmul Akhyar mengakui di daerahnya sendiri sangat terbantu setelah rajin mengikuti expo yang menjadi kegiatan tahunan Apkasi ini.

“Saya bisa merasakan manfaat langsung dari pameran ini, misalnya dari pameran tahun lalu kini kami menjalin kerjasama dengan Kadin-nya Malaysia yang tertarik dengan komoditas kelapa yang menjadi unggulan Lombok Utara,” tambahnya.

Baca juga:

Bupati Lombok Utara ini bahkan kewalahan karena sebelumnya pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan Cina untuk memasok kelapa ke negeri Tirai Bambu tersebut dalam jumlah besar.

“Di sinilah manfaat aktif di Apkasi karena kami bisa menangkap peluang pasar dengan mengajak kerja sama antardaerah. Saya meyakini model kerjasama ini bisa ditiru dan dioptimalkan ke daerah-daerah lainnya dengan jenis komoditas lain yang lebih beragam,” imbuh Najmul.

Sementara itu Project Manager AOE2020, Syaifuddin Ch. Kai menjelaskan AOE2020 akan digelar di Hall A & B, Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, pada Rabu-Jumat, 24-26 Juni 2020.

“Saat ini sudah lebih 60% yang memesan stand dari sekitar 400-an space yang kami siapkan. Untuk itulah, melalui sosialisasi ini kami mengajak agar daerah bisa memanfaatkan even ini untuk lebih menggenjot promosi di daerah masing-masing,” kata Syaifuddin.