Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Blitar Sediakan Bioskop Edukasi Keselamatan

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49638747476_9ae54a557a_b.jpg
Kapolres AKBP Ahmad Fanani dan pejabat utama Polres Blitar memberikan penjelasan kepada para pemohon SIM. (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Guna mencegah serta menekan angka kecelakaan lalu lintas, Satlantas Polres Blitar membuat sebuah terobosan, bioskop edukasi keselamatan. Bioskop tersebut dipertontonkan untuk pemohon SIM sebelum menerima SIM mereka.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani mengatakan, bioskop mini ini merupakan upaya Satlantas Polres Blitar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Salah satu hal terkecil adalah memasang helm dengan benar sebelum mengendarai sepeda motor.

“Diharapkan, dengan bioskop edukasi keselamatan ini, mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Selain itu juga untuk mengurangi angka kecekalaan di jalan raya,” terang AKBP Ahmad Fanani, Kapolres Blitar, Senin (9/3/2020).

Para pemohon SIM ditunjukkan sebuah video pendek berjudul Hidup Adalah Anugerah. Video tersebut menceritakan tentang sekelompok pelajar yang berangkat sekolah tanpa menggunakan helm. Selain itu sekelompok pelajar tersebut mengendarai sepeda motor dengan cara bergurau di jalan raya tanpa mengindahkan keselamatan. Dan juga seorang petani jagung yang pergi menjual hasil panennya. Meski menggunakan helm, tapi petani tersebut tidak memasang pengaman helmnya. Saat di perjalanan, kecelakaan tidak terhindari dan korban pun meninggal dunia.

Salah satu pemohon SIM, Imron asal Desa Kemloko Kabupaten Blitar mengaku, bioskop mini ini sangat mengedukasi. Sebagai seorang pengendara sepeda motor dia akan lebih berhati-hati. Selain itu, dia juga mengimbau kepada keluarganya untuk lebih menjaga keselamatan berlalu lintas.

“Dulu saya pernah mengalami kecelakaan. Dengan adanya bioskop mini ini bisa meningkatkan kesadaran kita dalam berlalu lintas,” ujar Imron. (mua)