Tak Pakai Masker, Pelanggar Dihukum Hormat Bendera dan Lafalkan Pancasila

oleh -
Tak memakai masker di tempat umum dan keramaian, pelanggar diberi hukuman hormat bendera Merah-Putih dan melafalkan Pancasila. (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Blitar, petugas gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI dan Satpol PP menggelar penertiban masker di tempat-tempat umum, Rabu (5/8/2020).

Hasilnya, petugas masih menemukan banyak warga yang tidak mengenakan masker. Sebagai bentuk hukuman, petugas sempat memberikan sanksi mencium bendera merah putih saat kedapatan tidak memakai masker di tempat umum. Sanksi ini terapkan oleh petugas kepolisian saat menggelar razia masker di sejumlah pasar dan tempat keramaian di Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, razia kedisiplinan pemakaian masker itu sesuai arahan Presiden RI melalui Kapolri terkait penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian seperti pasar dan tempat belanja lainnya.

“Ternyata masih banyak yang tidak memaki masker, lalu kami melakukan penindakan yaitu dihukum mencium bendera dan menghafalkan Pancasila, ” terang AKBP Ahmad Fanani, Kapolres Blitar.

Fanani menambahkan, razia kedisiplinan masker itu akan terus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Blitar. Pihaknya akan memberikan hukuman bagi warga yang kedapatan tidak memakai masker di tempat keramaian.

“Jadi razia masker ini agar masyarakat taat dan patuh dengan peraturan di era new normal. Jangan sampai di era new normal justru malah menambah jumlah penyebaran virus corona di Blitar,” pungkasnya. (mua)