Seniman Mancanegara Hadiri Purnama Seruling Penataran Blitar

by -
https://live.staticflickr.com/65535/48328012162_119e7d85f1_b.jpg
Bupati Blitar, Forkopimda dan beberapa Seniman. (Foto : ArahJatim.com/adv.hms/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Bupati Blitar Drs H Rijanto menghadiri Purnama Seruling Penataran yang digelar di Candi Palah atau Candi Penataran, Selasa (16/7/2019) malam. Acara berkelas tersebut juga menampilkan beberapa seniman internasional.

Dalam Sambutannya Bupati Blitar Rijanto memberikan apresiasi atas digelarnya Purnama Seruling Penataran. Ia berharap pagelaran ini bisa tetap dilestarikan dan bisa menjadi data tarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Blitar.

Baca juga :

Dalam kesempatan ini Bupati Blitar Rijanto juga turut menyampaikan rangkaian kegiatan Hari Jadi Blitar ke 695 yang telah dimulai sejak awal Bulan Juli dan akan berakhir pada akhir Agustus 2019.

“Luar biasa, hari ini kita dapat menyaksikan Purnama Seruling Penataran. Hiburan berkelas internasional. Semoga ke depan gelaran Purnama Seruling Penataran ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisata Kabupaten Blitar,” ungkap Bupati Rijanto.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Blitar sekaligus Penggagas dan Pembina Purnama Seruling Penataran Wima Brahmantya mengatakan, tema Purnama Seruling Penataran kali ini yaitu Bubhuksah Dan Gagang Aking. Sejumlah penari mempersembahkan karya dengan judul Bubhuksah Dan Gagang yang menceritakan relief yang terdapat pada pendopo teras Candi Palah.

Cerita tentang perjalanan spiritual dua anak manusia hingga mencapai nirwana.

Selain karya Dewan Kesenian Kabupaten Blitar, Purnama Seruling Penataran kali ini juga menghadirkan Jaranan Pegon Blitar dan Barong dari Sanggar Mega Mendung Budaya yang mewakili penampil lokal. Serta Barongsai dan Liong Klenteng Poo An Kiong Kota Blitar. Sementara dari mancanegara juga hadir Rodrigo Parejo (Spanyol) dan Yuliana Meneses Orduno (Meksiko). (adv.hms)