Sambut Hari Lahir Bung Karno, Situs Ndalem Pojok Gelar Kirab Pancasila

oleh -

Kediri, Arahjatim.com – Menyambut hari lahir Bung Karno, Situs Ndalem Pojok, rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri menggelar acara kirab Pancasila, foto Bung Karno serta hasil bumi, Sabtu (5/7/2021).

Mengingat saat ini masih masa pandemi Covid-19, acara kirab digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Acara diawali dengan pembacaan doa oleh tokoh lintas agama di halaman Situs Ndalem Pojok.

Rombongan paling depan membawa replika lambang negara Garuda Pancasila, foto Bung Karno dan hasil bumi seperti palawija dan umbi-umbian. Selanjutnya peserta melakukan kirab keliling Desa Pojok.

Kushartono, Ketua Harian Situs Bung Karno menjelaskan, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi, maka peringatan hari lahir Pancasila dan hari lahir Bung Karno sengaja digelar secara bersamaan. Hal ini agar tidak selalu menggelar acara yang berpotensi mengundang kerumunan.

Menurut Kushartono, bagi sebagian orang, Bung Karno itu erat kaitannya dengan Kediri. Sebab ada satu pernyataan Bung Karno yang mengatakan bahwa ia keturunan Kediri.

“Bapak adalah keturunan Sultan Kediri,” demikian kata Presiden Republik Indonesia pertama itu dalam buku biografinya yang amat terkenal ‘Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia’ karya Cindy Adams,” terang Kushartono.

Ditambahkan oleh Kushartono, selain kirab Pancasila, para pecinta Bung Karno, juga menggelar doa bersama lintas agama, santunan anak yatim, sedekah bumi, mocopat dan sarasehan kebangsaan dengan tema “Kediri, Kembali ke Jati Diri Bangsa Indonesia”.

Berdasarkan konsensus nasional, lanjut Kushartono, jati diri bangsa Indonesia adalah manunggalnya keimanan dan kemanusiaan yang bersumber dari sila pertama dan sila kedua Pancasila. Ini adalah sumber jati diri bangsa Indonesia, serta Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga.

“Mari kita gelorakan semangat kembali ke Jati diri Bangsa Indonesia di Hari Kelahiran Bung Karno Sang Penggali Pancasila yang berdarah Kediri,” tegas Kushartono. (mua)

No More Posts Available.

No more pages to load.