Sambut Hari Kartini, Pramuwisata Ranubedali Tampil Cantik Berkebaya

oleh -
Tampak pengunjung berswafoto dengan pramuwisata Ranu Bedali yang memakai kebaya dalam rangka menyambut Hari Kartini. (Foto: arahjatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com – Berbagai cara dilakukan warga dalam menyambut Hari Kartini, salah satunya yang dilakukan oleh sejumlah petugas pengelola wisata di Desa Ranubedali, Kecamatan Ranuyoso, Lumajang. Karyawan destinasi wiasata alam Ranu Bedali tersebut memakai kebaya.

Bagi mereka menggunakan kebaya sengaja dilakukan dalam melayani wisatawan sebagai bentuk penghormatan pada pahlawan perempuan Indonesia yakni Raden Kartini.

“Bagi kami Kartini merupakan pejuang bagi kaum perempuan, karena dia kesetaraan dan posisi kami tidak lagi terabaikan,” ungkap Risti, salah satu petugas loket.

Inisiatif penggunan kebaya dalam menghormati Hari Kartini ini disampaikan oleh pendamping wisata, Fauziyah. Fauziyah yang juga dosen pengajar di Sekolah Tinggi Widya Gama Lumajang memberikan pengetahuan dan pendampingan agar wisatawan yang datang merasa terus update informasi.

“Selain bentuk penghormatan, penggunaan kebaya ini juga bertujuan agar peringatan Hari Kartini terus dilakukan dan diingat oleh warga Indonesia, khususnya kaum perempuan”, jelasnya.

Tak jarang, momen in pun juga dimanfaatkan sejumlah wisatan untuk sekedar berfoto bersama dengan para petugas loket.

“Bagus ini, selain bisa foto dengan spot alam, kita juga ditemani Kartini jaman now ini,” jawab Andriyani, salah satu wisatawan. (rokhmad)