Polres Blitar Sisir Warga Miskin di Pelosok Yang Belum Tersentuh Bantuan

oleh -
Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya saat menyerahkan bantuan paket sembako kepada salah seorang warga miskin di pelosok desa. (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Demi meringankan beban ekonomi warga yang terdampak pandemi corona atau covid-19, perosel Polri, TNI dan Pemkab Blitar malakukan penyisiran terhadap warga miskin yang belum tersentuh bantuan. Melalui program Polri Peduli Covid-19 telah disiapkan 1.500 paket sembako, Jumat (15/5/2020).

Sebanyak 16 polsek jajaran Polres Blitar, yang tersebar di 16 kecamatan di wilayah Kabupaten Blitar, melakukan penyisiran bersama Babinsa dari Koramil dan Bhabinkamtibmas dari Polsek setempat. Para petugas mencari warga miskin yang belum mendapat bantuan sosial dari manapun baik pusat, provinsi maupun pemda.

“Jadi kita kerahkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, untuk melakukan pendataan warga miskin di masing-masing wilayahnya (kecamatan),” tutur Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya bersama Bupati Blitar, Rijanto dan Dandim 0808 Blitar Letkol Inf Kris Bianto di Mapolres Blitar.

Setelah mendapatkan data, hari ini kita lakukan penyerahan bantuan sosial berupa paket sembako berupa beras, minyak goreng, mi instan dan gula.

“Bantuan langsung kita serahkan ke rumah (secara) door to door, kasihan kalau harus mengambil ke titik tertentu,” jelas AKBP Ahmad Fanani.

Selain menyerahkan bantuan sembako kepada warga yang sudah terdata, petugas juga sekaligus melakukan penyisiran terhadap warga miskin lainnya yang belum terdata dan belum tersentuh bantuan.

Bahkan untuk tahap selanjutnya sesuai instruksi Kapolri, Polres Blitar tidak hanya menyiapkan 10 ton beras tapi justru 20 ton beras. Untuk membantu warga terdampak Covid-19, di wilayah hukum Polres Blitar.

“Jadi ini program bersama, sinergitas pemkab dan TNI-Polri dalam menangani dampak wabah Covid-19,” pungkas Fanani. (mua)