Peduli Kesenian Budaya, Caleg DPR RI Yuli Andriyani Akan Patenkan Kesenian Jaranan

oleh -
Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Dapil 6 Yuli Andriyani berjanji akan mematenkan kesenian jaranan sebagai kesenian milik Kabupaten dan Kota Kediri. (Foto: arahjatim.com/ bud)

Kediri, ArahJatim.com – Peduli dengan beragam kesenian budaya asal  Kabupaten Kediri, calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Yuli Adriyani kemari  mengunjungi pertunjukan kesenian jaranan di Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.

Menurut  Yuli,  dirinya bangga melihat kesenian peninggalan nenek moyang masih tetap dilestarikan, karena itu dia  ingin mematenkan kesenian tersebut menjadi milik Kabupaten dan Kota Kediri supaya tidak di klaim milik daerah lain

Beragam budaya dan seni yang ada di Kabupaten Kediri perlu dilestarikan salah satunya kesenian tari kuda kepang atau yang biasa disebut jaranan.

“Kesenian yang mempertontonkan para seniman menari dengan menunggangi kuda dari anyaman bambu ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Kediri,” kata Yuli

Karena kepeduliannya dengan kearifan budaya lokal, calon anggota legislatif caleg DPR RI Dapil  6 Jawa Timur itu menghadiri pertunjukan kesenian jaranan di kediaman ayahnya di Desa Bangsongan, Kecamatan Kayen Kidul .

Di lokasi pertunjukan jaranan, Yuli membaur dengan masyarakat yang  antusias menyaksikan kesenian tersebut dari awal hingga akhir pertunjukan. Kesenian merakyat tersebut mampu menyedot animo ratusan masyrakat.

“Lihat mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang tua ikut menjadi satu. menunjukan kesenian ini masih dicintai oleh masyarakat,” jelas Bendahara Golkar Jatim itu. (bud)