Parade Merah Putih dan Tarian Gandrung Di Puncak Gunung Ijen, Sambut Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48923767547_6c8010c2f8_b.jpg
Dengan melibatkan 2.400 orang peserta yang berasal dari empat kabupaten di wilayah tapal kuda, yakni Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Jember, ribuan bendera merah putih dikibarkan di seputaran Kawah Gunung Ijen, Sabtu (19/10/2019) pagi. (Foto: arahjatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Dalam rangka menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, ribuan bendera merah putih dikibarkan di seputaran Kawah Gunung Ijen, Sabtu (19/10/2019) pagi. Pengibaran bendera massal tersebut melibatkan 2.400 orang peserta yang berasal dari empat kabupaten di wilayah tapal kuda, yakni Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Jember.

Para pengibar bendera Sang Saka Merah Putih tersebut adalah gabungan dari polisi, TNI, pegawai negeri sipil, dan juga masyarakat umum yang dikoordinasi oleh masing-masing Polres di eks Karesidenan Besuki.

“Masing-masing Polres mengirim 600 orang. Di samping itu tiap peserta juga membawa bendera, di puncak Ijen juga dibentangkan bendera raksasa sepanjang 100 meter yang dikibarkan oleh 60 orang,” terang Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, SIK.

Baca juga:

Aksi tersebut, lanjut AKBP Taufik, bertajuk Parade Merah Putih. Even digelar dalam rangka menyambut pelantikan Jokowi Widodo-KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

“Semoga pelantikan Presiden dan Wakilnya berjalan aman. Kami dari Jawa Timur sisi timur turut bangga,” ucapnya di Paltuding.

Parade Merah Putih yang melibatkan empat Polres dibagi dua tim. Tim satu gabungan antara Polres Banyuwangi dan Jember. Sebanyak 1.200 orang berjalan menuju puncak Ijen melalui Pos Paltuding Banyuwangi mengenakan kaos, topi, dan pita serba merah putih. Tim dua gabungan antara Polres Bondowoso dan Situbondo.

“Rombongan Situbondo-Bondowoso bergerak dari Kawah Wurung Bondowoso. Semua tim bertemu di puncak Ijen setelah melalui jalur pendakian yang berbeda. Mengapa Ijen kita pilih karena menjadi ikon Jawa Timur,” tegas Kapolres Jember AKBP Alfianus Rizal.

Sementara ribuan peserta membuat lingkaran sembari membentangkan bendera Merah Putih, menyaksikan tarian Gandrung dengan khidmat. Meski diselimuti udara dingin, puluhan penari tetap menampilkan atraksi yang sangat memukau.

Atraksi tersebut juga menyita perhatian sejumlah wisatawan yang kebetulan sedang menikmati keindahan Kawah Gunung Ijen, khususnya wisatawan mancanegara. Tak lupa, mereka juga mengabadikan momen langka tersebut menggunakan kamera ponsel maupun kamera poket yang mereka bawa.

Selain membentangkan bendera raksasa, juga digelar doa bersama dari Jawa Timur untuk Indonesia Yang Lebih Maju sekaligus sebagai wujud syukur atas pelantikan pemimpin negara yang dilantik oleh MPR pada Minggu (20/10/2019).

Diharapkan dengan adanya Parade Merah Putih, pelantikan Presiden-Wakil Presiden dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Kapolres juga berharap masyarakat memperkuat kesatuan dan persatuan NKRI, sehingga kondusivitas negara tetap terjaga. (ful)