Mas Dhito Kunjung Warga Yang Terdampak Banjir

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Bupati Terpilih Pilkada Kediri tahun 2020 Hanindito Himawan Pramono atau Mas Dhito hari ini (14/12) meninjau daerah terdampak banjir di wilayah Kecamatan Tarokan Kediri.

Ada tiga Desa yang di kunjungi Lokasi yang pertama yang dikunjungi Mas Dhito yaitu Desa Janti, Desa Cengkok dan Desa Kedungsari.

Mas Dhito mengatakan saya sudah monitor sejak malam hari ini, berkaitan dengan aliran sungai kolokoso yang menyebabkan beberapa tanggulnya jebol dan Ini sebenarnya sudah menjadi hal yang lumrah tadi Kalau saya tanyakan kepada warga sekitar mereka sudah tidak heran sebenarnya dengan kondisi banjir.

Menurut Mas Dhito salah satu caranya aliran air yang diatas tidak sampai turun kebawah. Ia mengusulkan untuk membuat dua embung besar yang ada dibagian atas, jika aliran mengalir deras bisa ditampung diatas, jadi debit air tidak sampai turun mengalir kebawah.

Lebih lanjut Mas Dhito menuturkan adanya penyempitan aliran sungai yang mengarah Ke Nganjuk perlu adanya normalisasi. Selain itu banyaknya penyumbat dari potongan-potongan kayu atau carang yang terbawa aliran sungai yang juga menyebabkan jebolnya tanggul.

“Dan tanggul yang dibuat rumah-rumah tikus yang menyebabkan tanah menjadi gembur dan memudahkan tanggul jebol, ” ujar Bapak satu putri ini.

Mas Dhito Menambahkan dalam hal ini akan menjadi salah satu pekerjaan rumah dan menjadi  gambaran ke depan bagaimana untuk mengambil sikap untuk berkomunikasi  baik dengan dinas ataupun kementrian terkait.

Sementara Matsaroni salah satu warga Desa Kedungsari menyampaikan banjir yang terjadi desa sudah menjadi langganan tiap tahun, Banjir ini sangat merugikan warga terutama petani, karena itu kami selalu mengalami gagal panen dan bahkan ada yang mengalami kerusakan rumah.

“Saya berharap dengan adanya Bupati Kediri yang baru bisa memberikan solusi buat kami,” ujarnya.(das)