Luar Biasa! Siswa Setingkat SMP Berlomba Buat Robot Bertenaga Air

oleh -
Salah satu kelompok peserta lomba tampak mempresentasikan hasil karya robotnya di depan para juri. (Foto: arahjatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com – Sebuah lomba robot bertenaga tekanan air tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) digelar di halaman SMP Negeri 01 Sukodono Lumajang pada Kamis (01/3/18). Lomba tersebut merupakan bagian dari ajang mengasah kemampuan menerapkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yakni teori pascal.

Sebanyak 41 pelajar tingkat sekolah menengah pertama termasuk MTs se-Lumajang unjuk kebolehan berkarya membuat robot, yang uniknya menggunakan tenaga air, dengan menerapkan teori pascal atau tekanan. Pembuatan robot juga sebagian menggunakan bahan bekas untuk dijadikan robot eskavator, traktor hingga tangga masa depan.

“Lomba ini dilaksanakan oleh Musyawaroh Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan katagori pelajaran IPA yang menggunakan konsep tekanan dengan spesifikasi hukum pascal mas,” papar Mahrus Agus Syafullah, panitia lomba.

“Kita tidak membatasi bahannya, sehingga siswa membuat robot ini sesuai dengan ide mereka,” tambahnya.

Suasana lomba robot menggunakan tenaga tekanan air yang digelar di halaman SMP Negeri 01 Sukodono, Lumajang. (Foto: arahjatim.com/rokhmad)

Bahannya yaitu lem tembak, alat suntik bekas, selang, triplek, karton, kardus dan air. Waktu perakitan robot dibatasi hingga 2 jam. Lalu, mereka mempresentasikan hasil ciptaannya di depan juri.

“Senang, saya sama tim bisa mewakili sekolah saya di lomba ini, kami buat eskavator mini, dari bahan bekas karton, (alat) suntik, dan selang,” tutur Alvin Nur Hidayat dengan bangga.

Lomba penerapan mata pelajaran IPA ini akan digelar setiap tahun, yang diharapkan dapat memacu motivasi siswa berkreasi, utamanya dalam bidang teknologi. (rokhmad)