KPU Kabupaten Kediri Gelar Uji Publik Data Pemilih

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kediri menggelar acara Uji Publik Data Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020. Kegiatan ini diselenggarakan di Ballroom Hotel Front One, Sukorejo, Ngasem, Senin (28/9).

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Bidang Perencanaan, Data dan Informasi, Eka Wisnu Wardhana, mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam upaya menjaga terlindunginya hak pilih warga Kabupaten Kediri. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat dihasilkan data pemilih tetap yang akurat, mutakhir dan komprehensif.

“Melalui kegiatan ini diharapkan kami mendapat masukan dari masyarakat terkait akurasi data pemilih. Selain itu juga mengajak kontribusi dinas Dukcapil, Kominfo, Bakesbangpol, dan Tim Kampanye calon guna akurasi daftar pemilih,” terangnya.

Ditambahkan oleh Wisnu, hasil uji publik yang telah dilaksanakan hingga hari ini terdapat sebanyak 949 perubahan data. Dimana terdapat penambahan 1.363 pemilih baru dan 2.783 yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Evaluasi yang dilakukan terkait perubahan data yang ada saat ini adalah masih adanya anomali dan data ganda. Misal ganda NIK dan nama di lapangan. Kami beserta PPS dan PPK fokus untuk membersihkan anomali dan data ganda tersebut,” tambahnya. (Kominfo)