Komisi III DPRD Kabupaten Pamekasan Sidak Jembatan Putus dan Tanah Longsor

oleh -

Pamekasan, Arah Jatim.com Ketua dan anggota Komisi III DPRD Kabupaten Pamekasan Madura, menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke dua kelurahan yaitu Kelurahan Kowel dan Kelurahan Kolpanjung, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur, Selasa (12/01/2021). Sidak yang melibatkan instansi terkait ini untuk melihat secara langsung Jembatan Klowang yang putus akibat dihantam banjir.

Jembatan yang menghubungkan Kelurahan Kowel, Kecamatan Kota Pamekasan dengan Desa Larangan Badung, Kecamatan Palengaan ini putus diterjang kuatnya arus sungai saat hujan deras melanda daerah itu beberapa waktu lalu.

Tak hanya mendatangi lokasi jembatan putus, dengan mengendarai mobil pikap, anggota dewan dan dinas terkait juga meninjau lokasi pinggiran sungai yang longsor.

Ketua Komisi III DPRD Pamekasan, Ismail mengatakan, dalam waktu dekat Komisi III akan melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR, untuk membahas langkah-langkah perbaikan jembatan tersebut dan penurapan tepian sungai yang longsor.

Menurut Ismail, perbaikan jembatan mendesak dilakukan agar aktivitas masyarakat tidak terganggu. Sementara penurapan tepian sungai diperlukan terutama untuk keamanan permukiman warga sekitar.

“Dengan demikian, dalam waktu dekat ini komisi III akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait baik kepada PUPR maupun Sekda Kabupaten Pamekasan, karena jembatan ini bukan ranah BPBD lagi melainkan sudah ranah Pemerintah Kabupaten Pamekasan,” kata Ismail.

Sementara itu Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman Rakyat, Muharram mengatakan bahwa perbaikan jembatan dan tanah longsor ini menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Pamekasan karena anggarannya sudah siap. Pihaknya menegaskan bahwa masalah ini dalam waktu dekat akan ditanggani secara langsung.

Sekadar diketahui, beberapa wilayah di Kabupaten Pamekasan terendam banjir, pada Minggu (10/1/2021) malam.

Wilayah-wilayah yang terendam banjir tersebut di antaranya: Kelurahan Juncangcang, Kelurahan Patemon, Desa Jalmak, Desa Laden, Kelurahan Barurambat Kota, Kelurahan Barurambat Timur, Desa Lemper, Kelurahan Kangenan, Kelurahan Parteker, Desa Kodik, Desa Proppo, Desa Palengaan Daya dan Desa Rombuh. (den prie)