Kemarau Panjang, Polres Ponorogo Prakarsai Salat Istisqa

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48951127268_e4151023f9_b.jpg

Ponorogo, ArahJatim.com – Menyikapi musim kemarau yang berkepanjangan di tahun 2019 ini yang meningkatkan kesulitan mendapatkan udara bersih, Polres Ponorogo berinisiatif membuat Salat Istisqa (salat beli hujan). Kegiatan yang diikuti seluruh jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Ponorogo ini digelar Kamis (24/10) pagi.

Hal ini dilakukan lantaran kemarau tahun ini sudah lumayan panjang. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, di beberapa daerah harus dipasok udara bersih.

Kapolres Ponorogo, AKB, Arif Fitrianto, kepada wartawan mengatakan, selain menerima Salat Istisqa, pihaknya juga bekerja sama dengan BPBD memasok kebutuhan udara bersih kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kemarau yang berkepanjangan saat ini menggantikan Air Bersih berkurang. Sebagai rasa kepedulian kepada masyarakat yang kekurangan air bersih, kami bekerja sama dengan BPBD melakukan dro p ping udara bersih untuk mereka yang kekurangan air bersih. Selain itu kami juga meminta masyarakat Ponorogo untuk melakukan salat sunah Salat Istisqa ini, “kata Arif Fitrianto, di halaman Mapolres Kamis pagi.

Sementara itu, KH. Aswin Abdurrahman, Pimpinan Pondok Pesantren Baitul Ridho, Sawuh Siman dalam khotbahnya mengatakan, salat Sunah Istisqa merupakan salat yang dikhususkan untuk meminta hujan dari Allah SWT.

KH Dr. Aswin Abdurrahman, Khatib Salat Istisqa di halaman Polres Ponorogo. (Foto: ArahJatim.com/rib)

“Mari kita bahas wilayah Kabupaten Ponorogo saat ini semakin kemarau yang panjang, makin banyak warga yang kesulitan mendapatkan udara bersih,” ungkapnya.

Untuk itu, imbuh Aswin, ia mengajak seluruh masyarakat untuk memohon ampun kepada Allah SWT, agar doa kita dikabulkanNYA.

“Mari kita ciptakan bahagia di antara kita, saling menghormati dan saling bergotong royong untuk membuat kesepakatan yang damai, agar tercipta negara yang baldatun toyyibatun gafuur , ” imbuhnya. (tulang rusuk)