Kejaksaan Tahan Panitia Prona Tanah Karena Gelapkan Sertifikat Warga

oleh -

Blitar, ArahJatim.com – Kejaksaan Negeri Blitar menahan seorang warga Desa Serang, Kecamatan Pagungrejo, Kabupaten Blitar, karena terbukti menggelapkan sertifikat tanah milik dua warga Desa Serang. Tersangka memanfaatkan kesempatan ini setelah dirinya menjadi panitia pengurus prona pada tahun 2014/2015.

Kasi Intel Kejaksaan Anwar Zakariah mengatakan, saat ini tersangka sudah kami tahan di Kejari Blitar. Karena kasus tersebut sudah dinyatakan P-21 oleh Polres Blitar.

“Kami baru menerima serah terima pelimpahan kasus pengelapan sertifikat yang sebelumnya di tangani oleh Polres Blitar. Saat ini tersangka sudah kami tahan di tahanan Kejaksaan Negeri Blitar,” kata Kepala Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri Blitar, Selasa (12/1/2021).

Anwar menambahkan, kasus yang menjerat tersangka ini dengan modus menjadi panitia pengurusan sertifikat tanah melalui program prona. Lalu setelah sertifikat tersebut jadi oleh tersangka digelapkan untuk digadaikan.

“Jadi, untuk tersangka hari Selasa depan akan melakukan sidang pertama, sedangkan tersangka dijerat dengan pasal 372 tentang penggelapan. Maka tersangka terancam (hukuman) lima tahun penjara,” pungkas Anwar. (mua)