Kediri Perlu Bangun 2 Embung Besar

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Calon Bupati tunggal Kediri tahun 2020, Hanindhito Himawan Pramono atau Mas Dhito mengungkapkan, perlu adanya pembangunan embung untuk mengontrol debit air yang mengalir di area dan sekitar Bandara Kediri, Sabtu (28/11).

“Karena akan dibangunkan bandara, maka serapan atau endapan air di Kabupaten Kediri khususnya di bagian kulon kali ini berkurang,” kata Mas Dhito usai blusukan menyapa warga Dusun Jajar Desa Ngablak Kecamatan Banyakan Kediri.

“Salah satu cara adalah harusnya dibangunkan dua embung besar dibagian atas bandara,” ujarnya.

Lebih lanjut Mas Dhito menambahkan antara bandara dengan pegunungan ini harusnya ada dua embung besar, supaya begitu ada hujan turun deras, air ini tidak langsung datang ke rumah-rumah warga.”

“Jadi bisa ditahan atau bisa ditampung di dalam embung tersebut, nanti pada saat musim kemarau, embungnya dibuka, saluran airnya dibuka supaya untuk bisa mengairi sawah-sawah yang dimiliki oleh warga,” imbuhnya.

Pembangunan Embung untuk menanggapi kekhawatiran masyarakat di wilayah barat sungai (kulon kali) Kabupaten Kediri terkait potensi sebaran dan volume debit air dampak pembangunan Bandara Kediri di sejumlah desa yang masuk Kecamatan Tarokan, Grogol, dan Banyakan.(das)