Harga Cabai Melonjak, Mas Bup Dhito Bakal Gelar Operasi Pasar

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Harga cabai mengalami kenaikan yang luar biasa beberapa pekan ini, membuat Mas Bup Kediri, Hanindhito Himawan Pramana atau Mas Dhito melakukan sidak aktifitas jual beli cabai di Pasar Induk Komoditi Sayur Buah dan Pangan di wilayah Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Rabu (10/3/2021) siang.

Harga cabai terus merangkak naik, “Memang tidak bisa dipungkiri ini ada faktor cuaca ekstrem yang terjadi di seluruh Indonesia harga cabai ini naik,” ujar Mas Bup Dhito.

Merespon kondisi tersebut, Mas Bup Dhito akan berkominikasi dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Pertanian dan Perkebunan, untuk memantau pergerakan produksi dan perkembangan harga cabai di Kabupaten Kediri.

Kebijakan dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri bakal menggelar operasi pasar.

“Pertama kita akan cek dulu, besok Jumat rencananya akan ada operasi pasar, nah ini kita masih atur mekanismenya tetap mematuhi prokes (protokol kesehatan) yang ada,” harapnya

“Paling terancam kondisi sekarang ini adalah pedagang atau pelaku UMKM, pedagang sambel pecel, pedagang restoran dan sebagainya, pasti terdampak,” lanjutnya.

“Nah ini dulu yang harus kita selamatkan, nanti baru kita bicara bagaimana tidak gagal panen walaupun gagal panen ini disebabkan oleh cuaca ekstrem,” kata Mas Bup Dhito.

Masih menurut Mas Bup Dhito, Kabupaten Kediri merupakan kawasan sentra produksi cabai, sehingga tidak mengalami kekurangan stok cabai.

“Tapi kita mengalami penurunan produksi lebih dari 40-50 persen dan tren ini masih akan berlangsung sampai bulan Mei,” tuturnya.

“Harus ada langkah-langkah yang diambil oleh Pemkab, salah satunya yang akan kita cek adalah dengan operasi pasar dulu, apakah itu efisien atau tidak,” ujarnya.

Mas Bup Dhito menjelaskan, banyak permintaan kebutuhan cabai dari daerah lain yang masuk ke Kabupaten Kediri diantaranya Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Blitar Madiun, Ngawi.

Harga cabai per kilogramnya di Pasar Induk Pare Kediri, “Hari ini cabai asmoro itu diangka bervariasi tapi dikisaran 85-87, terus cabai ori itu dikisaran 98 sampai 100, per hari kemarin kenaikannya satu hari sekitar ada yang naiknya 5 ribu ada yang naiknya tertinggi 8 ribu, ”terangnya (das)