Forum Komunikasi BPD se-Kabupaten Kediri Gelar Gathering ke-7, Untuk Kemajuan Daerah

oleh -

Kediri, ArahJatim.com –  Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK BPD) se-Kabupaten Kediri kembali melaksanakan Gathering ke-7. Acara Gathering untuk memperkuat dan menjalin hubungan sinergitas antara BPD dengan seluruh lapisan maupun lembaga masyarakat khususnya di tingkat pemerintahan desa.

Gathering ke-7 dengan nuansa kekeluargaan tersebut dilaksanakan di “Warung Pak De” milik salah satu Ketua BPD Desa Banjarejo Kecamatan Ngadiluwih Budianto dengan dihadiri seluruh anggota dan ketua BPD dari 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri. Sabtu (8/2/2020).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sutrisno selaku Sekretaris BPD dan dilanjut sambutan dari Ketua FK BPD Ali Sofiyan.

Dalam sambutannya, Ketua FK BPD mengajak seluruh anggota BPD di Kabupaten Kediri harus lebih maju untuk bersinergi dengan pemerintahan desa untuk membangun desa.

“BPD diharapkan juga harus ikut berperan aktif dan berpartisipasi dalam program pembangunan yang dicanangkan oleh Bupati Kediri di segala lini,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan pembahasan rapat yang dimoderatori oleh Wakil Ketua FK BPD Kabupaten Kediri Tri Wahyono dalam bahasan diskusi diawali dengan penetapan kelengkapan susunan pengurus FK BPD sebagai syarat terbentuknya kelembagaaan.

Dalam bahasan diskusi menitik beratkan pada sisi sumber daya manusia bagi anggota BPD yang tersebar di 26 Kecamatan se-Kabupaten Kediri.

“Bahwa kecakapan dalam mengemban amanah masyarakat guna menjadikan anggota BPD yang bermartabat dan berkualitas harus diakomodasi dalam program bimtek bagi anggota secara mandiri atau pembinaan bimtek dari OPD yang menaungi yaitu DPMPD,” terang Tri Wahyono.

Tambahan materi dari Gus Budi Sampurno anggota pengurus ABPEDNAS Jawa Timur seakan menjadikan nutrisi bagi BPD yang hadir pada gatering itu.

Yang awalnya forum silaturahmi berlanjut menjadi forum komunikasi, dan pada saat itu juga FK BPD Kabupaten Kediri ikut bergabung dalam ABPEDNAS Jawa Timur dan berganti nama menjadi DPC ABPEDNAS Kabupaten Kediri.

Dengan bergabungnya BPD Kabupaten Kediri bersama dengan BPD Kabupaten lain, menambah deretan DPC ABPEDNAS dalam naungan DPD ABPEDNAS Jawa Timur serta DPP ABPEDNAS dari pusat. (das)