Dua Jam Operasi Zebra, Satlantas Polres Banyuwangi Tilang 90 Pelanggar

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/48972852461_cc5f5ec5c1_b.jpg

Banyuwangi, ArahJatim.com – Operasi Zebra 2019 digelar oleh Satlantas Polres Banyuwangi di Jalan S. Parman, Kelurahan Sobo, Banyuwangi, Minggu (27/10) malam. Razia sengaja digelar pada malam hari karena diketahui banyak kendaraan milik anak-anak muda tanpa dilengkapi dengan kelengkapan  kendaraan yang standar.

Benar saja, saat polisi menggelar razia, banyak ditemukan pengendara motor berusia belasan tahun yang tak tertib berlalu lintas. Seperti yang terjadi pada pemuda bernama Tulus warga Kecamatan Pesanggaran. Ia yang baru saja menikmati angin malam bersama pacarnya tidak bisa berkutik saat polisi memberhentikannya di tengah jalan.

Saat diperiksa polisi, ternyata tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat kendaraan dengan alasan STNK-nya ketinggalan di rumahnya. Bahkan sepeda motor yang dipakai pun tidak dilengkapi spion, plat nomor, dan menggunakan knalpot tidak sesuai standar.

“STNK-nya di rumah, spion memang sengaja tidak saya pasang,” ujar pemuda asal Kecamatan Pesanggaran itu.

Polisi yang melakukan razia ini pun meminta Tulus untuk menghubungi orang tuanya agar bisa menunjukkan surat kendaraanya. Lantaran pemuda tersebut tidak membawa handphone, dengan polosnya dia meminjam telepon polisi untuk menghubungi orang tuanya agar STNK maupun SIM yang katanya ketinggalan di rumahnya bisa segera diantar ke pos polisi oleh orang tuanya dengan harapan bisa lolos dari operasi polisi.

“Saya gak bawa HP, akhirnya saya pinjam (punya) pak polisinya,” kata Tulus.

Selain sanksi tilang, bagi pengendara yang tidak bisa membuktikan kelengkapan kendaraannya, polisi terpaksa menahan sepeda motor pelanggar untuk sementara waktu hingga pemilik kendaraan bisa menunjukkan surat-surat kendaraannya kepada Polisi.

Razia juga digelar untuk mengantisipasi maraknya balapan liar yang biasa dilakukan anak-anak muda pada malam hari.

Dalam Operasi Zebra kali ini, tim Satlantas Polres Banyuwangi berhasil menilang sedikitnya 90 pelanggar yang didominasi pengendara roda dua. Operasi Zebra yang sudah digelar sejak tanggal 23 Oktober sampai 4 November mendatang secara serentak tersebut akan rutin dilakukan di tempat yang berbeda dan waktu yang tidak ditentukan.

“Operasi ini dilakukan agar masyarakat lebih tertib lagi dalam berkendara dan tentunya Operasi Zebra juga bertujuan untuk menekan angka laka lantas. Patuhi rambu lalu lintas. Lengkapi kendaraan sesuai standar dan harus bawa STNK dan SIM,” tegas Ipda Heru Slamet, Kanit Turjawali Satlantas Polres Banyuwangi. (ful)