Dua Bendera Partai Bertuliskan Nama Caleg Dibakar, Siapa Pelakunya?

oleh -
Inilah dua buah bendera milik caleg DPRD Banyuwangi dari Partai Kebangkitan Bangsa yang diduga dirusak dengan cara dibakar oleh orang tak dikenal. (Foto: arahjatim.com/ful)

Banyuwangi, ArahJatim.com – Jelang Pemilu yang akan dihelat beberapa minggu lagi, suhu politik di Banyuwangi, Jawa Timur mulai memanas. Dua buah bendera Partai Kebangkitan Bangsa lengkap dengan  nomor dan juga bertuliskan nama calon legislatif (caleg) DPRD yang terpasang di pinggir jalan tepatnya di Dusun Jajangsurat, Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi, diduga dirusak dengan cara dibakar oleh orang tak dikenal, Kamis (14/3/2019).

Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Rogojampi, Irfan Hidayat membenarkan, insiden perusakan Bahan Kampanye (BK) jenis bendera partai lengkap dengan nama caleg. Menurutnya kejadian itu diperkirakan terjadi Rabu (13/3/2019) malam, sekitar pukul 21.30 WIB.

Namun demikian hingga siang ini pihak panwascam belum menerima laporan dari masyarakat, karena kejadian tersebut tidak dilaporkan ke panwascam melainkan ke pihak kepolisian setempat. Selain itu barang bukti juga sudah diamankan Polsek Rogojampi.

Terkait kejadian perusakan atribut partai, pihak panwascam akan melakukan kajian terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada pelanggaran pemilu atau pidana umum. Jika dalam laporan atau temuan ada unsur pidana pemilu, panwascam akan memproses untuk selanjutnya dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten.

Baca juga:

“Ya memang benar ada bahan kampanye jenis bendera Partai Kebangkitan Bangsa yang dibakar, tapi Panwascam masih belum menerima laporan. Karena laporannya ke polsek. Tadi malam barang bukti dua bendera dibawa polisi,” ungkap Irfan.

Sementara itu Kapolsek Rogojampi, AKP Agung Setyobudi juga membenarkan telah menerima laporan dari masyarakat terkait perusakan bendera partai. Mendapat laporan tersebut, semalam Babinkamtibmas langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan mengamankan barang bukti dua buah bendera berukuran sekitar 40×60 centimeter yang bertuliskan nama salah seorang caleg DPRD Kabupaten, Daerah Pemilihan (Dapil) II meliputi lima Kecamatan Rogojampi, Songgon, Blimbingsari, Singojuruh dan Kabat.

Pihaknya juga langsung berkoordinasi dengan pihak Panwascam untuk langkah selanjutnya.

“Yah, tadi malam saat anggota kami sedang patroli ada masyarakat yang laporan ada bendera partai dibakar. Anggota kami langsung ke lokasi dan berkoordinasi dengan Panwas. Selanjutnya barang bukti kami serahkan ke pihak Panwascam,” pungkas AKP Agung Setyobudi. (ful)