Disdikbud Pamekasan Berikan Penghargaan Kepada Peserta Terbaik Baca Alquran dan Pra-KSN

oleh -
Kepala Disdikbud Pamekasan, Akhmad Zaini menyerahkan penghargaan kepada siswa/siswi SD peserta terbaik Lomba Membaca Alquran dan Pra-KSN. (Foto: arahjatim.com/ndra)

Pamekasan, ArahJatim.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan memberikan penghargaan kepada 26 siswa Sekolah Dasar Negeri, peserta terbaik Lomba Membaca Alquran dan enam siswa juara Pra Kompetisi Sains Nasional (Pra-KSN). Penyerahan penghargaan dilangsungkan di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan, Senin (28/6/2021).

Kepada 20 peserta terbaik Lomba Membaca Alquran diberikan penghargaan berupa sertifikat dan tropi. Sedangkan enam siswa juara Pra-KSN mendapat sertifikat, cendera mata, tropi, dan uang pembinaan. Mereka berasal dari 13 kecamatan di wilayah Kabupaten Pamekasan.

Kepala Disdikbud Pamekasan, Akhmad Zaini mengatakan ada dua indikator penilaian untuk menentukan peserta terbaik membaca Alquran, yaitu tahsin (kefasihan membaca) dan tajwid (ketepatan bacaan). Penilaian dilakukan oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Studi Islam (LP2SI) Kabupaten Pamekasan.

“Pemenang lomba membaca Alquran dinilai dari tahsinnya yakni kebagusan membacanya dan tajwidnya atau ketepatan membacanya. Di setiap kecamatan ada juara putra maupun putri, dan penjuriannya oleh BKPRMI dan LP2SI Pamekasan,” ujar Zaini.

Penganugerahan ini merupakan kelanjutan program Bupati Baddrut Tamam, yakni ‘Gerakan Menghafal dan Menulis Al-Qur’an Juz 30’ yang dijalankan selama bulan Ramadan lalu.

“Program ini sudah lama kami laksanakan secara periodik, tapi gerakannya dimulai Ramadan kemarin,” ujarnya.

Sedangkan untuk enam siswa juara Pra-KSN akan mendapat pembinaan secara intensif dari Disdikbud Pamekasan guna mempersiapkan diri untuk bersaing di tingkat provinsi maupun nasional.

“KSN diambil dari juara 1, 2, dan 3, mapel (mata pelajaran) IPA maupun Matematika di Pamekasan. Kami berharap (mereka) bisa juara di KSN Jatim dan Nasional,” pungkasnya. (adv/ndra)

No More Posts Available.

No more pages to load.