Cegah Penyebaran Hama Wereng, Puluhan Petani Lumajang Lakukan Ini

oleh -
Petani di Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun Lumajang melakukan pembasmian hama wereng secara massal. (Foto: arahjatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com – Puluhan hektar tanaman padi di Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun, Lumajang diserang hama wereng. Guna melokalisir penyebaran hama tersebut, puluhan petani melakukan pembasmian hama secara serentak di 25 hektar lahan pertanian, pada hari Senin (5/3/18). Pembasmian serentak ini dilakukan agar hama tak berpindah ke lahan pertanian lain yang belum diserang.

“Awalnya dari desa tetangga, terus meluas sampai ke desa kami, punya saya saja 5 hektar yang rusak diserang wereng dalam musim hujan kali ini,” ungkap Dodik, petani setempat saat dikonfirmasi ArahJatim.com.

Hama wereng berwarna coklat ini merupakan salah satu organisme pengganggu tanaman (OPT) yang tergolong ganas, kurang dari satu bulan, hama ini bisa merusak puluhan hektar tanaman padi milik petani.

“Biasanya padi berumur 60 hari mas yang diserang, kalau sudah kayak gini kondisinya sudah pasti kami gagal panen,” tambahnya.

Tampak bagian tanaman padi yang rusak diserang hama wereng. (Foto: arahjatim.com/rokhmad)

Hal senada juga diungkapkan oleh petugas UPT Pertanian Kecamatan Yosowilangun, menurutnya tanaman padi jenis ketan yang rentan diserang.

“Kecamatan Yosowilangun saja ada sekitar 25 hektar yang diserang, ini kita coba lakukan penyelamatan pada 35 hektar padi lainnya yang masih bertahan,” papar Supriyanto, Petugas UPT Pertanian Kec. Yosowilangun.

Bantuan Insektisida dari UPT Pertanian diberikan secara cuma-cuma kepada petani yang menjadi korban serangan wereng. Petugas juga berharap pengendalian hama wereng dilakukan secara serentak, agar hama mematikan ini tidak berpindah ke tanaman padi lainnya. (rokhmad)