Walikota Kediri Lakukan Ini Hingga Raih Penghargaan dari MenPAN RB

oleh -
Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari MenPAN RB, Asman Abnur di Nusa Dua, Bali. (Foto: arahjatim.com/das)

Kediri, Arahjatim.com – Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Pembangunan (MenPAN RB), Asman Abnur di Nusa Dua, Bali, Rabu (31/01/18). Penghargaan itu berdasarkan evaluasi SAKIP Tahun 2017.

Kota Kediri merupakan salah satu kota di wilayah II yang berhasil menaikkan akuntabilitas kinerjanya  menjadi B. Saat ini di wilayah II yang meliputi pemprov dan kabupaten/kota di Bali, Kalimantan, Lampung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur  masih ada 54,05% kabupaten/kota  atau sebesar 81 kabupaten/kota yang mendapat nilai CC atau C.

Menurut Asman Abnur ada dua hal yang perlu dipahami setiap instansi pemerintah dalam mewujudkan SAKIP yang baik.  Pertama, memastikan anggaran hanya digunakan untuk membiayai program/kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. Kedua, memastikan penghematan anggaran yang dilakukan hanya dialokasikan ke kegiatan-kegiatan yang tidak penting (tidak mendukung kinerja instansi).

“Presiden terus-menerus menyerukan instansi pemerintah untuk menerapkan e-government dalam membantu pelaksanaan tugas, menerapkan money follow program sebagai dasar penggunaan anggaran, menghentikan segala bentuk pemborosan, serta memfokuskan pelaksanaan tugas pada pencapaian kinerja. Bukan penyusunan laporan pertanggungjawaban semata,” tegas MenPAN RB Asman Abnur.

Terkait capaian ini Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar bersyukur dan berharap prestasi ini tidak membuat dirinya berpuas diri, namun menjadi pemacu untuk lebih meningkatkan kinerja pemerintah daerah yang lebih efektif dan efisien untuk masyarakat Kota Kediri. (das)