27 Desa di Malang Sudah Bisa Lakukan Pencairan BLT-DD

oleh -

Malang, Arahjatim.com – Meski sempat terkendala terkait pencairan Dana Desa, kini sebanyak 27 Desa di Kabupaten Malang yang sempat terhambat pencairan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) itu akhirnya sudah bisa mencairkannya. Karena Dana Desa Tahap Dua telah cair pada hari ini, Rabu (3/6/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Suwadji mengungkapkan bahwa pada hari ini (3/6/2020) sebanyak 27 desa yang sempat mengalami kesulitan penyaluran BLT-DD sudah bisa mencairkannya.

“Hari ini untuk DD tahap dua sudah masuk di rekening desa, minggu ini bisa dicairkan. Kemudian nanti bisa ditindaklanjuti dengan pencairan BLT-DD nya. Targetnya yang 27 desa selesai minggu ini,” ucapnya saat dikonfirmasi pewarta di sela-sela agenda di Balai Desa Mulyoagung, Rabu (3/6/2020).

Suwadji menuturkan bahwa terkait penyaluran BLT-DD di 27 desa tersebut terhambat dikarenakan Dana Desa tahap pertama tidak cukup karena telah digunakan untuk pembangunan di masing-masing desa dan penanganan Covid-19.

Selain itu, Suwadji juga menyebutkan bahwa hingga pada hari ini (3/6/2020) telah terdapat 344 desa di Kabupaten Malang yang telah menyalurkan BLT-DD kepada masyarakat di masing-masing desanya.

“Sampai hari ini (3/6/2020) sudah 344 desa, kurang 34 desa. Insyaalah minggu ini selesai,” ucapnya dikutip dari Malangtimes.

Suwadji juga menegaskan bahwa semua desa di Kabupaten Malang akan segera menyelesaikan penyaluran BLT-DD kepada masyarakat terdampak Covid-19 di minggu awal Bulan Juni 2020 ini.

Dari 378 desa di Kabupaten Malang yang ditargetkan akan tuntas menyalurkan BLT-DD, terdapat satu desa yang nantinya akan terhambat, yakni Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

“Semua target selesai minggu ini, kecuali (Desa) Druju. Karena kemarin kan ada perubahan Pj Kades. Insyaalah juga bareng, nanti kita cek. Karena kemarin kan, sesuai penetapan APBDes nya kan memang ada keterlambatan,” tegasnya. (fm)