Wujudkan SDM Unggul dan Berkualitas, Bupati Blitar Silaturahmi dengan Dewan Pendidikan

oleh -
Bupati Blitar Rini Syarifah saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi dengan Dewan Pendidikan di Aula Garuda Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Selasa (20/4/2021). (Foto: arahjatim.com/mua)

Blitar, ArahJatim.com – Bupati Blitar Rini Syarifah melakukan silaturahmi dengan Dewan Pendidikan, PGRI, Yayasan Pendidikan Ma’arif NU, IGTKI-HIMPAUDI, dan Dharma Wanita Persatuan di Aula Garuda Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Selasa (20/4/2021). Dalam silaturahmi tersebut, Bupati Blitar mendengarkan aspirasi dari para guru.

“Ini kita silaturahmi dengan beberapa organisasi kelembagaan pendidikan. Kita menerima aspirasi mereka. Kemudian kita kaji, dan tentu akan kita akomodir,” kata Bupati Blitar Rini Syarifah.

Bupati Rini menyatakan, peran serta masyarakat dan stakeholder di bidang pendidikan sangat penting untuk mewujudkan SDM unggul dan berkualitas menuju Indonesia Maju. Pihaknya membangunnya melalui Panca Bhakti yang utama, yakni Jaminan Pendidikan Masyarakat Desa.

Menurutnya, lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Blitar, termasuk Dewan Pendidikan selaku lembaga mandiri yang dibentuk dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana serta melakukan pengawasan pendidikan ditunggu kiprahnya untuk memajukan pendidikan yang ada di kabupaten ini.

“Nah kemudian, PGRI selaku organisasi yang mewadahi perjuangan seluruh guru di Kabupaten Blitar, kita harap tetap menjaga profesionalisme. Membantu pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di bidang pendidikan dasar,” tambah Rini Syarifah Bupati Blitar.

Sedangkan untuk LP Ma’arif, sebagai yayasan penyelenggara pendidikan terbesar yang diselenggarakan masyarakat dibawah binaan Nahdlatul Ulama, sesuai visi dan misinya adalah akan mengembangkan sistem pendidikan dan terus berupaya mewujudkan pendidikan yang mandiri.

“Tentu kita harapkan bisa menjadi pusat pengembangan pendidikan bagi masyarakat, baik melalui sekolah, madrasah, perguruan tinggi, maupun pendidikan masyarakat,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menambahkan, IGTKI dan HIMPAUDI sebagai ikatan guru guru PAUD dan TK menjadi unsur penting yang mendasari seluruh proses pendidikan. Agar anak mengenal pendidikan formal, maka perannya tidak diragukan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Blitar di bidang pendidikan.

“Untuk itu sekali lagi, semua harus kompak, bersinergi menjadikan SDM unggul berkualitas yang bermuara pada terwujudnya Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera berlandaskan akhlak mulia, baldatun, toyyibatun, warobbun ghofur,” pungkas Bupati Rini. (mua)