Warga Binaan Gelar Istigasah dan Bersih-Bersih Lapas Banyuwangi

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49673072761_ec1801739c_b.jpg

Banyuwangi, ArahJatim.com – Istigasah dan doa bersama digelar oleh pihak Lapas Kelas II-A Banyuwangi, Rabu (18/3/2020) siang. Istigasah dipimpin langsung oleh da’i kondang KH Abdul Gofar yang diikuti oleh seluruh warga binaan lapas dengan harapan virus corona yang semakin menyebar luas bisa segera tertangani.

Doa bersama juga digelar sebagai bentuk berserah diri kepada sang pencipta setelah berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Dengan khusyuk seluruh warga binaan dan petugas lapas berdoa bersama demi keselamatan bangsa dari ancaman virus mematikan ini.

Selain menggelar doa bersama pihak lapas juga mewajibkan seluruh penghuni lapas maupun petugas lapas untuk selalu mencuci tangan dengan sabun saat berada di area lapas. Seluruh penghuni lapas yang baru tiba menjalankan sidang juga diwajibkan untuk menggunakan hand sanitizer agar kuman yang menempel di tangan bisa segera mati.

Selain kebersihan tubuh, kebersihan lingkungan lapas juga wajib diperhatikan. Agar virus maupun kuman yang membawa penyakit tidak berkembang biak, pihak lapas mewajibkan seluruh penghuni lapas untuk bekerja bakti membersihkan lingkungan lapas setiap harinya.

Langkah lain yang dilakukan pihak lapas agar virus tidak masuk ke lingkungan lapas yakni dengan menutup sementara akses kunjungan keluarga warga binaan lapas.

“Per hari ini hingga tanggal 29 Maret mendatang kunjungan keluarga warga binaan kita stop dulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak fisik langsung antara penghuni lapas dengan warga yang ada di luar lapas. Istigasah juga kita gelar sebagai bentuk berserah diri kepada yang Maha Kuasa setelah upaya-upaya kita lakukan bersama untuk menangkal virus corona ini,” kata Ketut Akbar Hery Achyar, Kalapas Kelas II-A Banyuwangi.

Agar tubuh warga binaan di dalam lapas tidak mudah terserang panyakit, pihak Lapas juga mewajibkan seluruh warga binaan untuk aktif berolahraga di dalam lapas seperti bermain voli, jogging, sepak bola maupun olahraga lainnya. Langkah ini dilakukan agar tubuh warga binaan selalu sehat dan bugar.

“Sebenarnya olahraga di dalam lapas ini sudah selalu dilakukan sebelum adanya virus corona, kita lakukan lebih rutin lagi agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit,” pungkas Kalapas kelahiran Banyuwangi. (ful)