Viral!! Pedagang Buah Ini Beli Kontan Sepeda Motor N-Max Pakai Uang Koin Pecahan Seribu Rupiah

oleh -
https://live.staticflickr.com/65535/49390141441_f3f3f9966c_b.jpg

Banyuwangi, ArahJatim.com – Sejak sepekan terakhir jagat maya dihebohkan oleh aksi seorang pria asal Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi. Pria bernama Dasar Wahyudi yang kesehariannya berdagang kelapa, dan buah itu membeli sepeda motor Yamaha N-Max seharga Rp 29,4 juta dengan uang koin pecahan seribu rupiah yang selama ini ia kumpulkan dalam enam kaleng biskuit.

Dalam video yang tersebar di media sosial, dan menjadi viral itu, terlihat pegawai dealer menumpahkan uang koin pecahan seribu rupiah dari dalam kaleng biskuit ke atas meja. Tak ingin mengecewakan konsumen, pihak dealer tetap menerima pembayaran yang tak lazim ini. Meskipun harus bersusah payah menghitungnya untuk memastikan jumlah uang koin tersebut.

Namun, setelah dihitung, uang koin milik Dasar Wahyudi, jumlahnya hanya mencapai Rp 24.650.000. Lantaran uang koin yang dibawa jumlahnya masih kurang dari harga sepeda motor yang akan dibeli, Dasar Wahyudi terpaksa harus menambahkan lagi uang pembayaran dengan uang kertas yang di miliki.

Saat ditemui di rumahnya, Dasar Wahyudi mengaku menabung adalah hobi yang sudah dilakukan sejak masih kecil. Uang koin pecahan seribu yang ia bayarkan untuk membeli sepeda motor tersebut merupakan hasil tabungannya selama 2 tahun 4 bulan.

“Sudah kebiasaan menabung begini, Insya Allah saya masih akan terus nabung lagi. Rencananya untuk beli mobil. Target saya lima tahun harus bisa terkumpul. Kalau seharga mobil X-pander kira-kira uangnya nanti seberat 1 ton,” ujar Dasar Wahyudi, saat ditemui di rumahnya, Rabu (15/1/2020).

Dasar Wahyudi menambahkan, ia memilih menabung uang receh bukanlah tanpa alasan. Sebab, uang tabungan tidak akan diambil meski sedang membutuhkan uang.

“Enak nabung pakai uang receh, soalnya kita mikir-mikir kalau mau pakai uang tabungan. Kalau menabung dengan uang kertas, misalnya pecahan Rp 100 ribu pasti akan mudah kita ambili uangnya,” pungkas suami Endang Trinawati itu. (ful)