Tim Gabungan Dinsos, Dinkes dan Satpol PP Kabupaten Kediri Tertiban PMKS di Jalanan

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Petugas gabungan dari Dinas Sosial Kabupaten Kediri, Dinas Kesehatan dan Satpol PP melakukan operasi penertiban terhadap para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang berada di jalanan, (13/10). Selain untuk menciptakan ketertiban umum, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dari kelompok PMKS.

“Kami melakukan penertiban terhadap PMKS untuk menciptakan suasana Kabupaten Kediri yang aman dan kondusif, serta mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 diantara mereka,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinsos Kabupaten Kediri, Suharsono.

Operasi gabungan diawali dengan apel pasukan di Kantor Dinsos Kabupaten Kediri di Jalan Mayor Bismo, Kota Kediri. Setelah itu personil gabungan menyisir jalan utama Kediri – Jombang. Petugas menemukan pengamen yang berada di seputaran simpang empat Kecamatan Papar. Sempat terjadi kejar-kejaran antara petugas dengan pengamen, hingga akhirnya satu orang berhasil diamankan.

Petugas kemudian memberinya masker dan mensterilkan menggunakan cairan desinfektan. Selanjutnya, pengamen dinaikkan ke truk Satpol PP. Dari wilayah Kecamatan Papar, razia dilanjutkan ke arah Kecamatan Pare. Setelah menyusuri jalanan, akhirnya petugas menemukan pengamen di seputaran Stadion Canda Bhirawa Pare.

Sementara itu titik terakhir penangkapan pengamen berada di seputaran Simpang Empat Sukorejo, Kecamatan Gurah. Seorang pengamen yang sedang duduk di atas becak motor dijaring petugas bersama alat musik kentrung. Seperti perlakuan sebelumnya, petugas mengukur suhu badannya dan mensterilkan menggunakan cairan desinfektan sebelum digiring ke armada Satpol PP.

Terdapat enam orang pengamen dan peminta-minta yang berhasil dijaring petugas dalam operasi gabungan kali ini. Mereka dibawa ke Kantor Dinsos untuk dilakukan pendataan dan pembinaan. Mereka diimbau tidak mengulangi perbuatannya, karena melanggar peraturan.

“Tentunya kegiatan ini akan kami lakukan secara berkesinambungan dalam rangka penertiban PMKS,” tegas Suharsono. Petugas akan melakukan operasi secara terus menerus dengan waktu dan lokasi yang akan ditentukan selanjutnya. (Kominfo)