Tanamkan Semangat Juang 45 Kepada Generasi Muda

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Untuk mengingatkan kembali semangat juang para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Kediri menggelar Sosialisasi Nilai-Nilai Juang 1945 (JSN45) bagi pengurus OSIS SMA dan SMK Se-Kabupaten Kediri bertempat di gedung aula SMPN Ngasem.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Dr. Mohammad Muhsin, dengan diikuti sedikitnya 60 siswa. Dalam sambutannya, Muhsin menyampaikan bahwa tujuan diadakan sosialisasi ini adalah untuk menguatkan dan memantapkan semangat kebangsaan, nasionalisme, nilai – nilai bela negara, memupuk semangat persatuan dan kesatuan bangsa, serta mengingatkan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa terhadap tokoh-tokoh perjuangan.

“Mengingatkan generasi muda akan sejarah perjuangan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pejuang sangat perlu diketahui oleh generasi muda,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD LVRI Provinsi Jawa Timur Kolonel Purnawirawan Gatot Suharyoso mengatakan penting bagi generasi muda mengetahui perjuangan para pahlawan, agar bisa meneladani sifat-sifat baiknya. Hal ini bertujuan untuk menanamkan semangat juang 45 kepada pada generasi penerus bangsa, sehingga LVRI berharap bisa ikut berperan mencetak generasi penerus yang tetap cinta Tanah Air, cinta negeri, pantang menyerah, dan percaya diri.

“Agar mereka paham sejarah bangsa, serta supaya generasi kini mengerti bahwa bangsa ini pernah memiliki semangat dan kesamaan sikap, lalu mewujudkannya dengan bersama-sama berjuang membela negara secara bersama,” ungkapnya.

Dalam sosialiasasi semangat juang dan nilai-nilai kejuangan ini disampaikan sejumlah materi, seperti materi jati diri. Sosialisasi tersebutbertujuanuntuk lebih memantapkan kita sebagai pejuang Bangsa agar tujuan UUD 45 dan Pancasila segera terwujud. Sementara,kemerdekaan Indonesia diperoleh oleh para pahlawan melalui perjuangan yang panjang sehingga nilai perjuangan tersebut harus tetap dipertahankan dan ditanamkan sejak dini dari Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi.

Kolonel Purnawirawan Gatot Suharyoso menambahkan, nilai nasionalisme dan kejuangan tidak datang serta merta, harus ditanamkan sejak dini mulai dari tingkat TK hingga Perguruan Tinggi, agar para generasi muda dapat memahami jalan perjuangan bangsa menuju kemerdekaan. Dengan demikian merekadapat menghargai bangsa dan jasa pahlawan, serta terhindar dari hal-hal negatif.

Diharapkan generasi muda khususnya para pelajar yang hadir dalam sosialisasi ini dapat meningkatkan sikap bela negara dan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang berkualitas. Ia kemudian berpesan kepada generasi muda agar meresapi nilai-nilai kebangsaan dalam rangka mengisi kemerdekaan agar tidak terjerumus pada perpecahan yang dihembuskan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.(Kominfo)