Sosialisasi BRS Desa Dukuh

oleh -

Kediri, ArahJatim.com – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kab. Kediri menggelar sosialisasi program Bantuan Rumah Swadaya Dana Alokasi Khusus (DAK). Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19, kegiatan tersebut digelar di Gedung Balai Desa Dukuh, Senin (7/9/20).

Menurut Kepala Bidang Permukiman dan Perumahan Herianto, pelaksanaan DAK Tahun 2020 ini sempat ditunda karena adanya covid-19. Namun pada bulan Juli ada pemberitahuan bahwa kegiatan ini harus dilaksanakan, sehingga diadakan sosialisasi untuk pelaksanaannya.

“Untuk tahun ini Desa Dukuh mendapat 25 unit. Sementara tahun ini dari DAK mendapat 122 unit, terdiri dari 111 unit ditambah di Desa Tales dari dana silpa 11 unit,” jelas Herianto.

Herianto menambahkan, disamping BRS DAK juga ada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Terdiri dari T-1 ada di 5 desa mencapai 155 unit, maupun T0 yang sekarang proses mencapai 344, yang ada di 22 desa dari 11 kecamatan,” tambahnya.

Untuk kriteria penerima bantuan ini yaitu warga yang berpenghasilan rendah dan rumahnya rusak berat. Dana yang diberikan sebesar 17,5 juta, dengan rincian 15 juta untuk bahan material bangunan serta 2,5 juta untuk ongkos biaya tukang.

“Semoga program seperti ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, untuk mewujudkan rumah sehat dan layak huni,” harapnya. (Kominfo)