Presiden Joko Widodo Imbau Masyarakat Waspada

oleh -

Jakarta, ArahJatim.com – Masyarakat diimbau until berhati-hati dalam beraktivitas mengingat ekstrimnya cuaca dalam beberapa waktu terakhir. Imbauan itu disampaikan Presiden Jokowi, di Gelanggang renang Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

(Tampak Presiden Jokowi saat meresmikan lapangan hoki dari 4 venue yang diresmikan hari ini, Sabtu (2/12/17). (Foto: Humas Setkab/Jay)

“Saya mengimbau kepada masyarakat ini memang cuacanya sangat ekstrim. Jadi agar berhati-hati,” kata Presiden. Ia meminta masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan. Terlebih karena dalam beberapa saat terakhir banyak terjadi hujan lebat yang kerap kali disertai angin kencang juga gelombang yang tinggi di laut.

“Tingkatkan terus kewaspadaan karena cuacanya memang, sekali lagi, cuacanya ekstrim. Hujan lebat, angin kencang juga ada gelombang yang tinggi. Semuanya hati-hati,” katanya. Presiden sudah memerintahkan jajarannya khususnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, Basarnas, kementerian/lembaga terkait, hingga pemda.

“Saya sudah perintahkan kepada BNPB, TNI, Polri, Basarnas, kementerian yang terkait, Pemda, semuanya untuk waspada dan membantu masyarakat apabila ada bencana secepat-cepatnya dan kita harus antisipasi dampak cuaca ekstrim ini, terutama pada produksi pangan,” katanya.

Meskipun, kata dia, sampai sekarang belum ada masalah pada gangguan pasokan produksi pangan namun hal itu harus tetap diantisipasi. “Ini masih bulan Desember. Nanti masih ada bulan Januari,” katanya.

Presiden menggarisbawahi pentingnya untuk menjaga jalur-jalur logistik agar tidak terputus akibat bencana. “Dan juga terutama jalur-jalur logistik jangan sampai putus karena adanya bencana. Ini juga harus betul-betul diantisipasi dan diwaspadai,” katanya. (Ant/ CN39)