PIJP Gelar Diskusi Bersama Ketua PWI dan Humas Pemkab Pamekasan

oleh -

Pamekasan, Arah Jatim.com – Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 9 Februari nanti, Paguyuban Insan Jurnalis Pamekasan (PIJP), menggelar acara silaturahmi dan diskusi bersama Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, dan Humas Protokol Pemerintah Kabupaten Pamekasan.

Acara dilaksanakan di tempat wisata Water Park, Jalan Asta Tinggi No. 342 Kalebuan, Desa Kasengan Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep Madura, Minggu (31/1/2021).

Dalam diskusi, Ketua PWI Pamekasan, Abdul Aziz mengatakan, tugas seorang wartawan atau jurnalis, adalah menjadi penyambung informasi bagi masyarakat, instansi, maupun yang lainnya.

Keakuratan data dan keseimbangan informasi dari narasumber dalam sebuah berita menjadi sebuah tolok ukur. Sehingga berita yang disampaikan sesuai dengan apa yang didapat dari narasumber, serta bisa dipertanggungjawabkan keakuratan datanya, agar bisa disajikan kepada khalayak luas.

“Wartawan harus menjujung tinggi kode etik jurnalistik dalam bertugas dan intinya 5W+1H yang digunakan, What, Where, When, Who, Why, and How,” ucap Aziz yang juga wartawan Kantor Berita Antara tersebut.

Azis menambahkan, Etika Jurnalistik merupakan keutamaan dalam menulis suatu berita. Seperti contoh kasus kriminal anak di bawah umur, seorang wartawan tidak boleh menyebutkan nama terang juga wajah yang bersangkutan, karena itu menyalahi Kode Etik Jurnalistik dan Peradilan Anak.

Di Hari Pers Nasional yang akan datang ini, Aziz mengajak wartawan terutama yang tergabung dalam PIJP, untuk mengisinya dengan hal-hal yang positif serta bermanfaat bagi banyak orang.

Sementara itu, perwakilan Humas Protokol Pemkab Pamekasan, Ummi mengatakan, selama ini kemitraan antara Pemkab Pamekasan dan wartawan sangat baik.

‚ÄúSeorang wartawan itu bisa bermitra dengan siapa saja,” ujar Ummi singkat.

Ketua PIJP Sujak Lukman mengucapkan terima kasih kepada Ketua PWI Pamekasan, dan Humas Protokol Pemkab Pamekasan atas respon positif, saran, masukan, dan kepeduliannya. Tidak lupa, Sujak juga berterima kasih kepada pemilik tempat wisata Water Park, yang telah memfasilitasi terselenggaranya acara ini.

“Dengan diadakannya silaturahmi dan diskusi ini, semoga para Wartawan untuk ke depannya bisa semakin baik, berkualitas, kredibel, serta profesional dalam menyajikan sebuah karya junalistik,” tutur Sujak mengakhiri. (dhen prie)