Pertama Di Indonesia, Ujian MI Di Lumajang Sudah Berbasis Komputer

oleh -
Suasana pelaksanaan UAMDB atau ujian akhir berbasis komputer di salah satu sekolah MI di Lumajang. (Foto: arahjatim.com/rokhmad)

Lumajang, ArahJatim.com – Berbagai inovasi dilakukan untuk meningkatkan kualitas Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Lumajang. Salah satunya adalah MI se-Lumajang menggelar Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) berbasis komputer. Terobosan yang dilaksanakan pada Senin (16/4/18) ini menjadi satu-satunya di Indonesia.

Ribuan siswa MI (setingkat SD) se-Lumajang melaksanakan ujian akhir berstandar daerah di sekolah masing-masing. Para siswa kali ini harus dihadapkan dengan komputer, karena ujiannya berbasis komputer.

Bahkan inovasi ini telah menjadi pilot project di Indonesia. Banyak sekolah dari luar Lumajang datang untuk belajar dan ingin mengaplikasikan model tersebut.

“Alhamdulillah melalui karya ini bisa diaplikasikan pada UAMBD. Pada kali ini seratus persen hanya ada di Lumajang se-Jawa Timur dan Indonesia belum ada”, kata  Muhammad Khoiri, Kasi Mapenda Kemenag Lumajang.

Para siswa yang mengikuti ujian tersebut mengaku mudah mengerjakan ujian bila dibandingkan dengan menggunakan kertas namun harus melakukan persiapan-persiapan.

“Soal UAMBD mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, sebelumnya kita try out gak ada  kesulitan, karena sudah pernah latihan sebelumnya,” kata Miftahul Huda, salah satu siswa peserta ujian. (rokhmad)