Peringati HUT RI, Kampung Tangguh Desa Bacem Gelar Khitanan Massal

oleh -

Blitar, ArahJatim.com – Memperingati HUT RI ke 75 Tahun, Kampung Tangguh Desa Bacem, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar menggelar khitanan massal, Selasa (18/8/2020).

Selain untuk memba­ntu anak-anak yang kurang mampu agar bisa berkhitan sesuai tuntunan agama islam, juga untuk mengisi waktu anak-anak belajar di rumah.

Uniknya, orang tua peserta khitan dan petugas juga memakai pita merah-putih yang diikatkan di kepalanya, ini sebagai bentuk nasionalisme di bulan Kemerdekaan ini. Total ada tiga puluh delapan anak yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, acara khitanan massal ini sengaja digelar, selain selain untuk memperingati HUT RI, juga untuk membantu anak-anak kurang mampu.

“Acara ini memang untuk membantu anak-anak pelajar yang beranjak remaja, dan waktunya khitan, namun dari keluarga yang kurang mampu. Dan nanti juga akan kita berikan uang saku agar dibelikan paket internet untuk keperluan belajar daring,” terang AKBP Leonard M Sinambela, Kapolres Blitar Kota.

Salah satu anak yang mengikuti khitanan mengaku, meski takut dikhitan namun ia memberanikan diri karena khitan hukumnya wajib bagi laki-laki.

“Tadi sempat takut saat disuntik, dan juga terasa sakit. Namun saya sangat senang ikut dalam khitanan massal ini. Apalagi dapat uang saku, yang kami belikan paket internet untuk belajar daring,” ujar Rizki Ari, peserta khitanan massal.

Rencananya, acara khitanan massal ini akan menjadi agenda rutin Kampung Tangguh Desa Bacem. Diharapkan anak-anak yang dikhitan akan menjadi generasi muda yang baik, yang mampu mengisi dan meneruskan pembangunan di negeri ini. (mua)