Peringati Hari Air Sedunia, Pemuda Ranuyoso Tanam Ratusan Bibit Buah

oleh -

Lumajang, ArahJatim.com – Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret, puluhan muda-mudi Ranuyoso yang tergabung dalam KOPRA (Komunitas Pemuda Ranuyoso) bersama sejumlah instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan komunitas pecinta lingkungan melakukan penanaman pohon buah di area Sumber Mata Air, Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso, Lumajang, Senin (22/3/2021).

“Ini bentuk kepedulian kita sebagai muda-mudi yang telah memanfaatkan air dari danau ini untuk kebutuhan hidup,” ungkap Muhammad Hamedi, salah satu Anggota Kopra saat dikonfirmasi ArahJatim.com.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan bahwa terdapat delapan jenis tanaman buah yang ditanam oleh peserta.

Baca juga:

“Kedelapan jenis tanaman buah ini sengaja kami pilih agar bisa memberikan manfaat ekonomis juga pada masyarakat di sekitar danau, mas. Selain manfaat untuk sumber mata air,” tambah pria berpostur tinggi itu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Asisten Perum Perhutani BKPH Klakah, Soegiharto Aries Soebagiyo. Menurutnya kegiatan yang diinisiasi oleh pemuda lokal ini menjadi kebanggaan dan bentuk keberhasilan kampanye menjaga alam.

“Kami sangat senang mas, karena kampanye pelestarian alam bisa ditangkap dan dilakukan oleh teman-teman pemuda lokal yang tergabung dalam Kopra ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Kecamatan Ranuyoso berjanji akan terus memfasilitasi berbagai ide dan kreativitas pemuda lokal, sebab pemuda dipercaya mampu membawa perubahan daerah ke arah yang lebih baik.

Sedikitnya delapan perangkat pemerintah terlibat dalam kegiatan ini yakni Pemerintah Kecamatan Ranuyoso, Koramil Ranuyoso, Perum Perhutani BPKH Klakah, Cabang Dinas Kehutanan Lumajang, UPK PNPM Ranuyoso, Pamsimas, Perumdam Tirta Mahameru, dan Pemerintah Desa Ranu Bedali.

Sementara dari unsur komunitas dan lembaga pendidikan, turut berpartisipasi di antaranya, SMAI Bustanul Ulum, MTs Ainur Rohmah, Laskar Hijau dan Pokdarwis Arseda. (rokhmad)